kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,49   -8,95   -0.95%
  • EMAS1.027.000 -0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Tawarkan penukaran dua obligasi, Fitch Ratings pangkas peringkat Alam Sutera (ASRI)


Kamis, 01 Oktober 2020 / 07:38 WIB
Tawarkan penukaran dua obligasi, Fitch Ratings pangkas peringkat Alam Sutera (ASRI)
ILUSTRASI. Sejumlah mobil mendatangi area pemutaran film di area parkir Mall Alam Sutera, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (1/8/2020). ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.


Reporter: Anna Suci Perwitasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah Moody’s Investor Service menurunkan peringkat surat utang PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI), kini hal serupa juga dilakukan Fitch Ratings. 

Dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Rabu (30/9), Fitch menurunkan peringkat ASRI menjadi C dari CCC-. Hal ini dilakukan setelah perusahaan berencana melakukan penukaran obligasi yang jatuh tempo pada April 2021 dan April 2022 dengan surat utang anyar yang jatuh tempo pada Maret 2024 dan September 2025.

Selain menurunkan peringkat perusahaan, Fitch juga pangkas peringkat surat utang ASRI senilai US$ 115 juta yang jatuh tempo April 2021 dan surat utang senilai US$ 370 juta yang jatuh tempo April 2022 dari CCC- menjadi C dengan recovery rating RR4.

"Penurunan peringkat tersebut mencerminkan pandangan Fitch bahwa pertukaran yang diusulkan merupakan distressed debt exchange (DDE) karena dilakukan untuk menghindari gagal bayar pada April 2021 dan terdapat pengurangan material," kata Fitch.

Baca Juga: Moody's memangkas peringkat obligasi Alam Sutera (ASRI)

Transaksi ini termasuk DDE karena menukar setidaknya 85% dari obligasi ASRI yang jatuh tempo 2021 dan 2022 menjadi obligasi jatuh tempo pada tahun 2024 dan 2025, dengan mekanisme kupon bertahap mulai dari 6% -12% per tahun, dibandingkan dengan kupon tetap dari obligasi yang saat ini ada.

Obligasi baru akan memungkinkan ASRI untuk membayar bunga dalam bentuk natura dalam enam bulan pertama setelah penerbitan. "Kami yakin amandemen ini, digabungkan dengan permintaan izin untuk menghapus perjanjian yang membatasi pada catatan yang belum dibayar, merupakan pengurangan material dalam persyaratan," jelas Fitch.

Bahkan Fitch menyebut, ASRI akan memiliki pilihan yang sangat terbatas untuk membayar kembali obligasi jatuh tempo pada April 2021 karena sentimen pasar modal dan kredit yang lemah.

"Kami yakin kemampuan ASRI untuk mengumpulkan pembiayaan baru telah melemah secara signifikan sejak dimulainya penurunan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi virus corona," lanjut Fitch.

Jika DDE sudah selesai, Fitch akan kembali menurunkan peringkat ASRI menjadi 'Restricted Default' (RD), dan menilai kembali peringkat perusahaan sejalan dengan struktur permodalan pasca-bursa. Jika pertukaran tidak berhasil, peringkat ASRI akan dinilai ulang untuk mencerminkan risiko likuiditas jangka pendek yang meningkat.

 

Selanjutnya: Alam Sutra (ASRI) tawarkan penukaran dua obligasi dollar total senilai US$ 485 juta

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×