kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45778,92   8,25   1.07%
  • EMAS887.000 -1,88%
  • RD.SAHAM 0.90%
  • RD.CAMPURAN 0.65%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.47%

Target kinerja moderat, analis rekomendasikan hold saham INTP


Minggu, 02 Februari 2020 / 20:24 WIB
Target kinerja moderat, analis rekomendasikan hold saham INTP

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Anna Suci

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kondisi industri semen yang tengah diselimuti kelebihan permintaan (oversupply) tidak menyurutkan langkah bisnis PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP). Perusahaan semen ini menargetkan, penjualan tahun ini tumbuh 3%-4% dari tahun lalu.

Untuk diketahui, tahun lalu INTP berhasil mencetak penjualan semen hingga 18,1 juta ton atau tumbuh 100.000 ton dibanding realisasi penjualan tahun 2018. Dari sisi produksi, INTP menargetkan produksi semen naik 3%-4% tahun ini. Tahun lalu, produksi semen INTP mencapai 18 juta ton.

Analis NH Korindo Sekuritas Meilki Darmawan menilai, target yang dipasang INTP, anggota indeks Kompas100 ini, tahun ini cukup realistis. Menurut dia, konsumsi semen yang disumbang dari proyek infrastruktur dinilai cukup untuk meningkatkan pendapatan emiten semen pada 2020.

Tahun ini pun, INTP masih akan menghadapi kondisi oversupply. “Namun dengan tingkat utilisasi pabrik semen yang hanya 69% pada 2019 dan pendapatan INTP masih bisa tumbuh, maka saya rasa sampai akhir 2020 nanti INTP masih memiliki kesempatan meningkatkan pendapatannya,” ujar Meilki kepada Kontan.co.id, Jumat (3/2).

Baca Juga: Penjualan semen Indocement Tunggal Prakarsa (INTP) capai 18,1 juta ton sepanjang 2019

Lebih lanjut, Meilki bilang, hanya proyek infrastruktur dan proyek pembangunan properti yang bisa meningkatkan penjualan dari INTP dan emiten semen lainnya. Meilki juga optimis konsumsi semen di Jawa Barat akan stabil pada 2020 sehingga juga bisa menjadi katalis positif untuk meningkatkan pendapatan INTP.

Di sisi lain, Analis Mirae Asset Sekuritas Mimi Halimin menilai tahun ini belum ada katalis kuat yang bakal mendorong konsumsi semen. Proyek infrastruktur masih menjadi pendorong utama di industri semen. Namun, pengembangan di sektor properti belum cukup untuk mendorong permintaan semen.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×