Reporter: Yuliana Hema | Editor: Putri Werdiningsih
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten operator telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk (EXCL) melaporkan kenaikan trafik layanan data sebesar 21% selama periode 28 Maret–6 April 2025 dibandingkan hari-hari normal sebelum ramadan.
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa menjelaskan terjadi lonjakan trafik data yang cukup tinggi selama periode lebaran, terutama untuk akses layanan streaming video.
"Dibandingkan periode ramadan dan lebaran tahun sebelumnya, terjadi kenaikan trafik layanan sebesar 5%," jelasnya dalam keterangan resmi, Rabu (9/4).
Baca Juga: Ada Merger EXCL-FREN, Begini Prospek dan Rekomendasi TOWR
Selama periode ramadan dan lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang meningkat sebesar 17%, disusul file access yang meningkat 16%, web browsing juga meningkat 12% serta game meningkat 46%.
Secara nasional, bandara dan pelabuhan yang mengalami kenaikan trafik sangat signifikan adalah Bandara Internasional Soekarno Hatta sebesar 167% dan Pelabuhan Dermaga Merak sebesar 156%.
Baca Juga: Sah! Ini Susunan Jajaran Komisaris dan Direksi XLSmart Hasil Merger EXCL-FREN
Berdasarkan wilayahnya, kenaikan trafik data paling besar terjadi di Jawa Tengah sebesar 44% dibanding hari biasa. Di susul, Nusa Tenggara Barat dan Lampung yang masing-masing melonjak 29%.
Trafik layanan di Jabodetabek tetap mengalami kenaikan pada saat Lebaran dibanding hari biasa sebesar 18%. Data EXCL menunjukkan tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke provinsi lain mencapai 27%.
"Trafik tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang selalu mengalami penurunan, mungkin dikarenakan tingkat perpindahan lokasi pelanggan berbeda dengan periode lebaran sebelumnya," jelas Gede.
Selanjutnya: Selama Libur Panjang Lebaran, Ada 38.676 Investor Saham Baru di BEI
Menarik Dibaca: Waspada Hujan Petir di Jogja, Intip Ramalan Cuaca Besok di Wilayah DIY
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News