kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.535.000   -4.000   -0,26%
  • USD/IDR 16.136   65,00   0,40%
  • IDX 7.083   2,81   0,04%
  • KOMPAS100 1.051   -4,20   -0,40%
  • LQ45 820   -5,73   -0,69%
  • ISSI 213   0,28   0,13%
  • IDX30 420   -4,57   -1,08%
  • IDXHIDIV20 500   -6,00   -1,18%
  • IDX80 120   -0,46   -0,38%
  • IDXV30 125   0,31   0,25%
  • IDXQ30 139   -1,42   -1,01%

Trafik Layanan XL Axiata (EXCL) Melonjak 19% Selama Periode Nataru


Senin, 06 Januari 2025 / 17:34 WIB
Trafik Layanan XL Axiata (EXCL) Melonjak 19% Selama Periode Nataru
ILUSTRASI. PT XL Axiata Tbk (EXCL) melaporkan terjadi kenaikan rata-rata trafik layanan sebesar 19% selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk (EXCL) melaporkan terjadi kenaikan rata-rata trafik layanan sebesar 19% selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) dibandingkan hari normal. 

Adapun layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan seperti tahun sebelumnya sebesar 28% dibandingkan trafik pada hari normal. Sementara trafik gim meningkat sebesar 49%. 

Di sisi lain, layanan percakapan alias voice mengalami penurunan sebesar 15%. Meski begitu, layanan SMS justru mengalami lonjakan sebesar 11% dibandingkan hari biasanya. 

Baca Juga: XL Axiata (EXCL) Proyeksikan Lonjakan Trafik Hingga 20% pada Nataru 2024/2025

Director and Chief Tecnology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa bilang kenaikan trafik data yang signifikan telah diprediksikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat yang meningkat di berbagai wilayah. 

"Untuk itu, jauh-jauh hari kami telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Nataru," jelasnya dalam keterangan resmi, Senin (6/1). 

Gede mengatakan terjadi kenaikan aktivitas digital selama mengisi masa liburan Nataru. Trafik data di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya menunjukkan kenaikan sekitar 18% dibandingkan hari normal. 

 

Secara nasional, kenaikan trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Lombok Timur naik 34% dibanding hari biasa. Lalu Kabupaten Lombok Tengah naik 31% dan Kabupaten Bogor naik 23%.

Jumlah pelanggan EXCL yang memanfaatkan program-program XL Axiata selama liburan Nataru ke luar negeri mencapai sekitar 500 ribu pelanggan. Jumlahnya naik sekitar 7% dari tahun sebelumnya. 

Saat ini, EXCL memiliki lebih dari 58,6 juta pelanggan dan diperkuat dengan lebih dari 165 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 190 ribu km. 

Selanjutnya: Tabungan Bebas Biaya Ini Berikan Imbal Hasil Kompetitif Meski Pasar Volatil

Menarik Dibaca: 7 Cara yang Paling Ampuh Menyembuhkan Kolesterol Tinggi, Mau Coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Bond Voyage Mastering Strategic Management for Business Development

[X]
×