kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Superlative Secret Society dorong seniman game dan video lokal sadar NFT


Kamis, 09 Desember 2021 / 22:58 WIB
Superlative Secret Society dorong seniman game dan video lokal sadar NFT
ILUSTRASI. Superlative Secret Society dorong seniman game dan video lokal sadar NFT


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Meski sudah populer secara global, keberadaan Non-Fungible Token (NFT) terdengar asing bagi sebagian orang Indonesia. Padahal, NFT punya andil besar untuk meningkatkan nilai beragam karya dari para seniman. 

Superlative Secret Society, pendatang baru dunia cryptocurrency asli Indonesia, secara resmi memperkenalkan diri secara langsung pada kegiatan Urban Sneaker Society 2021.

Secara teknis, NFT adalah aset digital yang menggambarkan obyek asli seperti karya seni atau karakter yang terdapat pada game dan video. Dalam bahasa sederhana, NFT mengubah aset digital dan jenis barang koleksi lainnya menjadi satu-satunya, sehingga karya seni tersebut bisa diverifikasi keasliannya dan mudah diperdagangkan melalui blockchain

Artinya, transaksi jual beli aset digital melalui NFT menggunakan mata uang kripto (cryptocurrency), yang pada akhirnya tetap bisa dikonversi menjadi mata uang konvensional.

Baca Juga: Bitcoin hingga Dogecoin merah, harga mata uang kripto ini melesat 30% lebih

Atas setiap karya seni, hanya ada satu NFT dan hal itu ditunjukkan lewat kode identitas yang unik. Dengan cara kerja seperti itu, NFT bisa difungsikan sebagai penanda orisinalitas dari sebuah karya. 

Di sisi lain hasil karya seniman Indonesia sering kali dipandang sebelah mata. Seandainya mendapatkan pengakuan sekalipun, mahakarya mereka dengan mudah dibajak atau diduplikasi oleh oknum tidak bertanggung jawab. 

Dengan adanya NFT, karya seni sekaligus profesi seniman bisa lebih dihargai. Selain mendapatkan pengakuan, NFT juga membantu mereka untuk mendapatkan uang.

Sadar betul dengan kondisi yang terjadi di Tanah Air, empat anak muda berinisiatif untuk mengelola NFT dalam sebuah payung bernama Superlative Secret Society (SuperlativeSS). 

Baca Juga: Inilah 2 kripto yang siap meroket dalam jangka panjang, bukan Bitcoin dan Ethereum

CEO & Founder Superlative Secret Society Prasetyo Budiman mengungkapkan, Indonesia sebenarnya memiliki potensi besar dalam melahirkan karya-karya seni, bahkan diminati mancanegara. 

"Kita itu mulai penjualan aset digital besar-besaran pada 22 September 2021. SuperlativeSS itu 100 persen buatan anak bangsa, founder-nya ada empat. Mulai dari artist, developer program, hingga community manager itu semua anak muda Indonesia," terang Prasetyo dalam keterangannya, Kamis (9/12).




TERBARU

[X]
×