kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Startup Topindo Solusi Komunika (TOSK) Menggelar IPO, Incar Dana Rp 109 Miliar


Jumat, 12 Januari 2024 / 13:01 WIB
Startup Topindo Solusi Komunika (TOSK) Menggelar IPO, Incar Dana Rp 109 Miliar
ILUSTRASI. Topindo Solusi Komunika (TOSK) bakal memperoleh dana segar maksimal Rp 109,37 miliar.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) bakal kedatangan perusahaan rintisan lagi. Pendatang baru ini berasal dari Kalimantan, yakni PT Topindo Solusi Komunika Tbk. 

Calon emiten yang bakal menggunakan kode saham TOSK ini menawarkan sebanyak-banyaknya 875 juta saham. Itu setara dengan 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh pasca IPO. 

Perusahaan yang mengelola platform Topindoku ini menetapkan harga penawaran awal alias book building di kisaran Rp 115–Rp 125. Dengan begitu, TOSK bakal memperoleh dana segar maksimal Rp 109,37 miliar. 

Baca Juga: Bisnis Masih Prospektif, Intip Rekomendasi Saham Pilihan Emiten Komponen Otomotif

Adapun sekitar 40% dari IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi efek akan digunakan untuk modal kerja berupa pembelian persediaan produk digital dan pengembangan sistem IT. Kemudian sekitar 10% akan dialokasikan untuk entitas anak, yaitu TNN, dalam bentuk penyetoran modal kerja yang akan dipakai untuk modal kerja berupa pembelian persediaan produk ritel. 

Sekitar 50% akan dialokasikan untuk entitas anak, yaitu TIP dalam bentuk penyetoran modal. Rencananya, TIP bakal mengakuisisi sebuah properti dan keperluan modal kerja serta operasional.

Dalam hajatan ini, TOSK juga akan menerbitkan maksimal 262,50 juta Waran Seri I. Ini setara dengan 7,50% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh. 

Baca Juga: Dukung Permodalan Usaha Mikro, Nobu Bank Gandeng Platform Topindoku

Nantinya pemegang 10 saham baru TOSK akan memperoleh 3 Waran Seri I. Sementara harga pelaksanaan Waran Seri I ini berkisar Rp 156 sampai dengan Rp 144. 

Jika seluruh Waran Seri I itu dilaksanakan maka TOSK bakal memperoleh dana segar Rp 40,95 miliar. Seluruh dana itu akan digunakan untuk modal kerja dan kebutuhan operasional. 

Topindo Solusi Komunika menunjuk PT MNC Sekuritas dan PT Erdhika Elit Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek. Sementara penjamin emisi efek akan ditentukan kemudian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×