kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

SRTG akan lepas Medco Power ke investor Thailand


Rabu, 15 Juni 2016 / 21:33 WIB
SRTG akan lepas Medco Power ke investor Thailand

Reporter: Narita Indrastiti | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) akan merombak portofolio investasinya. Dalam waktu dekat, SRTG akan melepas kepemilikan sahamnya di PT Medco Power Indonesia.

SRTG bersama dua mitra bisnisnya memiliki 51% di saham Medco Power. Sisa saham sebesar 49% dimiliki oleh PT Medco Energi International Tbk (MEDC).


Direktur SRTG, Andi Esfandiari mengatakan, SRTG sedang melakukan negosiasi dengan perusahaan Thailand terkait divestasi saham di Medco Power.

Kabar yang beredar, perusahaan Thailand yang berminat mengakuisisi Medco Power adalah Amata B. Grimm Power Group bersama dengan Global Power Synergy Pcl.

Perusahaan tersebut sempat melakukan pembicaraan serius dengan SRTG belum lama ini. Kesepakatan itu rencananya bisa dieksekusi pada bulan ini.

"Namun siapa partnernya, saya tidak bisa bilang. Tetapi betul, asal negaranya (dari Thailand)," ujar Andi, Rabu (15/6).

Andi belum menyebutkan nilai divestasi yang bakal diraup oleh SRTG dari pelepasan saham itu. Tetapi sebagai perbandingan, SRTG membeli mayoritas saham Medco Power pada tahun 2012 lalu dengan mengucurkan dana investasi hingga US$ 112 juta.

Divestasi maksimal 51% saham di Medco Power itu dilakukan karena SRTG ingin menyegarkan portofolio bisnisnya.

Andi bilang, saat ini, SRTG ingin mendapatkan dividen secara reguler dari perusahaan investasinya, sehingga bisa kembali menyalurkan dividen ke pemegang saham.

"Ini salah satu bentuk daur ulang pendanaan agar ada inflow yang sehat. Ini bukan karena kami tidak suka sektornya, tetapi memang menjadi reguler investment saja," tandasnya.




TERBARU

Close [X]
×