kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45691,13   20,36   3.03%
  • EMAS924.000 -0,22%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Soal suku bunga, The Fed kembali tegaskan akan bertindak sebagaimana mestinya


Minggu, 08 September 2019 / 07:35 WIB
Soal suku bunga, The Fed kembali tegaskan akan bertindak sebagaimana mestinya
ILUSTRASI. Jerome Powell

Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - ZURICH. The Federal Reserve AS kembali menegaskan akan terus bertindak "sebagaimana mestinya" untuk mempertahankan ekspansi ekonomi Amerika Serikat (AS).

“Kewajiban kami adalah menggunakan instrumen kami untuk mendukung ekonomi, dan itulah yang akan terus kami lakukan,” kata Ketua Fed Jerome Powell di Universitas Zurich seperti dikutip Reuters, Jumat (6/9).

Pada 17-18 September nanti, para pembuat kebijakan The Fed akan menggelar pertemuan untuk memutuskan suku bunga.

Baca Juga: The Fed: Ketidakpastian perdagangan hapus produksi global senilai Rp 12.070 triliun!

Kata-kata Powell yang hati-hati tersebut mencerminkan adanya perpecahan dalam tubuh bank sentral AS tentang cara terbaik untuk merespons ekonomi di mana pasar kerja dan pengeluaran konsumen kuat, tetapi meningkatnya ketegangan perdagangan antara Beijing dan Washington, kemungkinan keluarnya Inggris dari Uni Eropa, dan perlambatan ekonomi global yang meluas, akan menimbulkan risiko bagi ekonomi AS.

Presiden Fed St. Louis James Bullard, misalnya telah menyerukan pemangkasan suku bunga setengah persentase poin untuk mengatasi risiko perang perdagangan dan membawa tingkat kebijakan Fed lebih sesuai dengan ekspektasi pasar.

Baca Juga: Brexit tanpa kesepakatan akan menimbulkan kerusakan yang sangat besar

Sementara itu, pasar keuangan bertaruh para pembuat kebijakan Fed akan menurunkan suku bunga seperempat poin pada bulan ini.

Powell mengatakan para pembuat kebijakan The Fed akan mengawasi dengan cermat risiko geopolitik, kondisi keuangan, dan data ekonomi lain yang masuk saat mereka mempertimbangkan apa yang harus dilakukan.

Pejabat Fed terutama berfokus pada apakah penurunan dalam pengeluaran bisnis dan penurunan manufaktur yang disebabkan oleh meningkatnya ketidakpastian perdagangan akan menyebar ke bagian lain dari ekonomi AS.

Baca Juga: Kenaikan tarif impor gerus laba, perusahaan Asia memilih pulang kampung




TERBARU

Close [X]
×