Reporter: Aulia Ivanka Rahmana | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Entitas usaha PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL) manfaatkan distribusi penjualan di e-commerce untuk mengembangkan bisnis agar terjangkau di seluruh Indonesia dan akan agresif menambah gerai.
Direktur Utama Sinar Eka Selaras Djohan Sutanto mengatakan, tahun ini ERAL agresif dalam menambah gerai. Ekspansi tersebut akan menggunakan sebagian dari dana hasil initial public offfering (IPO).
“Kami belum finalkan, tapi kami targetkan dua kali dari yang kami punya saat ini. Saat ini kami sudah punya 80 toko sampai pertengahan tahun. Mudah-mudahan dibanding tahun lalu bisa tumbuh dua kali, tahun lalu tutup 54 toko,” kata Djohan, Selasa (8/8).
Selain ekspansi gerai, ERAL juga akan memperluas distribusi lewat e-commerce. Ini adalah upaya Sinar Eka Selaras untuk menjangkau pelanggan di seluruh pelosok indonesia.
Baca Juga: IPO Sinar Eka Selaras (ERAL) Oversubscribed 56,64 Kali
“Kami juga bekerja sama memanfaatkan platform e-commerce, termasuk platform kami sendiri yaitu eraspace.com untuk turut mengembangkan bisnis online kami, kami yakin sekali bahwa online ini adalah salah satu channel atau saluran penjualan yang penting,” kata Djohan.
ERAL memang masih belum puas dengan performa di e-commerce tersebut. Meskipun begitu, ERAL tetap yakin masih banyak yang bisa dikembangkan.
ERAL baru saja meraup dana segar Rp 404,6 miliar melalui penawaran umum perdana atawa IPO lewat penjualan 1,04 miliar saham baru. ERAL akan menggunakan sekitar 37% dana IPO untuk ekspansi bisnis existing. Sinar Eka akan menggunakan sekitar 13,75% dana IPO untuk mendukung ekspansi bisnis baru. Selebihnya sebesar 49,25% digunakan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja ERAL.
Pada hari perdana perdagangan, harga saham ERAL ditutup naik 3,08% ke Rp 402 per saham dari harga IPO Rp 390 per saham.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News