kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Strategi Bisnis Champ Resto (ENAK) Setelah Melantai di Bursa Saham


Selasa, 08 Februari 2022 / 20:29 WIB
Simak Strategi Bisnis Champ Resto (ENAK) Setelah Melantai di Bursa Saham
ILUSTRASI. Berbagai menu dari sejumlah restoran yang dimiliki PT Champ Resto Indonesia Tbk (ENAK).


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Champ Resto Indonesia Tbk resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini, Selasa (8/2). Emiten pemilik jaringan restoran bersandi saham ENAK ini menjadi perusahaan tercatat keenam pada tahun 2022, dan emiten ke-772 di BEI.

Sekretaris Perusahaan Champ Resto Christopher Supit mengungkapkan bahwa setelah merampungkan initial public offering (IPO) ini, rencana bisnis dan pengembangan usaha ENAK akan bergerak mengikuti perkembangan zaman. Terutama terkait dengan digitalisasi dan jasa online, yang selama ini juga telah mendorong penjualan Champ Resto.

"Digitalisasi dan online delivery telah dilakukan sejak 2017 dan akan dikembangkan lebih baik lagi. Keunggulan kompetitif Champ Resto juga tetap akan dijalankan dengan mengembangkan value for money dan highly scalable," ujar Christopher kepada Kontan.co.id, Selasa (8/2).

Baca Juga: Menimbang Prospek Emiten Waralaba F&B di Tengah Ancaman Gelombang Ketiga Covid-19

Sejalan dengan itu, Christopher juga memastikan ENAK akan terus melancarkan inovasi dalam pengembangan menu-menu baru yang ditawarkan kepada masyarakat, dengan menyesuaikan perkembangan tren dan selera pasar.

Dari sisi pengembangan usaha, ENAK juga akan ekspansi outlet di wilayah baru yang masih berpotensi memberikan pertumbuhan positif. Ekspansi outlet itu digelar dengan format baru yang disesuaikan di berbagai lokasi seperti pusat perbelanjaan, perkantoran, stasiun kereta api, terminal bus, tempat peristirahatan, dan lokasi lain yang potensial.

Christopher menambahkan, ENAK juga masih memiliki potensi pertumbuhan yang belum digarap antara lain dengan business to business (B2B) dengan memasok katering untuk korporasi yang ada di Jakarta dan kota utama lainnya. "Kami yakin potensi untuk pengembangan B2B ini masih cukup besar dengan didukung oleh multi brand platform dan penawaran produk yang bervariasi yang dimiliki saat ini," jelasnya.

Baca Juga: Champ Resto Indonesia (ENAK) Resmi Melantai di BEI

Sebagai informasi, ENAK memiliki beberapa merek restoran meliputi Gokana, Raa Cha, Platinum, BMK, Chopstix, dan Monsieur Spoon. ENAK mengoperasikan 276 outlet yang tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatra dan Sulawesi.

Christopher memang belum membeberkan mengenai jumlah  tambahan outlet baru maupun wilayah mana saja yang akan menjadi sasaran ekspansi ENAK. Namun bocoran mengenai rencana ekspansi ini sebelumnya pernah disampaikan oleh Direktur Utama Champ Resto Ali Gunawan Budiman dalam paparan publik, Kamis (13/1) lalu.

Ali mengungkapkan bahwa Champ Resto sudah cukup agresif melancarkan ekspansi pada periode 2017-2019, dengan pengembangan outlet lebih dari 30% per tahun. Namun, Champ Resto harus mengerem ekspansi pada tahun 2020-2021 lantaran ada pandemi covid-19.

Baca Juga: BEI Kantongi 26 Perusahaan Dalam Pipeline IPO




TERBARU

[X]
×