kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45832,75   2,05   0.25%
  • EMAS945.000 0,53%
  • RD.SAHAM -0.46%
  • RD.CAMPURAN -0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Simak rekomendasi saham-saham yang banyak diburu investor asing berikut ini


Senin, 14 Juni 2021 / 07:00 WIB
Simak rekomendasi saham-saham yang banyak diburu investor asing berikut ini

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Investor asing mencatat net buy sebesar Rp 2,61 triliun di seluruh pasar pada perdagangan Jumat (11/6). Di pasar reguler, asing juga mencatat net buy sebesar Rp 552,10 miliar. 

Saham PT Indointernet Tbk (EDGE) menjadi saham yang paling banyak dibeli investor asing sebesar Rp 2 triliun. Kemudian disusul saham PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) dengan nilai sebesar Rp 153,3 miliar. Ketiga, investor asing juga memburu saham PT Mayor Indah Tbk (MYOR) dengan nilai Rp 123,1 miliar.

Saham-saham lainnya yang banyak diburu investor asing meliputi PT Bank Mandiri (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), PT Bank Artos Indonesia Tbk (ARTO), PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI),  PT United Tractors Tbk (UNTR), dan PT Harum Energy Tbk (HRUM).

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Okie Ardiastama mengatakan, beberapa pendorong masuknya investor asing karena prospek bisnis yang makin baik dan juga pemulihan kinerja mendorong aksi beli investor asing pada saham-saham tersebut. "Saat ini kami melihat tren dari aksi beli investor asing masih berpotensi terjadi, terlebih saat ini kinerja ekonomi dalam negeri masih on track. Sehingga harapannya dapat menjadi trigger bagi pemulihan kinerja emiten dalam negeri," ujarnya, Minggu (13/6).

Baca Juga: Jelang FOMC dan RDG BI, IHSG diprediksi bergerak menguat

Jika melihat RTI, investor asing mencatatkan beli bersih sebesar Rp 13,33 triliun. Okie melihat, keseluruhan saham yang banyak diburu asing ini cukup menarik.

Namun jika dicermati, saham TLKM, BMRI, dan BBRI sebagai market leader di industrinya memiliki peluang pemulihan yg lebih besar. "Terlebih market capt mereka juga besar, sehingga apabila investor institusi asing akan masuk tentu faktor likuiditas menjadi pertimbangan utama," kata Okie.

Untuk itu, ia bilang pelaku pasar bisa mengoleksi saham BMRI dengan target harga Rp 6.625 per saham, BBRI dengan target harga Rp 5.080 per saham, dan TLKM dengan target harga Rp 3.580 per saham.

Baca Juga: Menguat sepekan, kurs rupiah akan bergerak tipis pada Senin (14/6)

Analis Panin Sekuritas, William Hartanto memandang, ke depannya investor asing masih memungkinkan untuk masuk ke pasar saham Indonesia lantaran faktor risiko bubble yang lebih minim dibanding dengan bursa negara lain.

Dari jajaran saham-saham yang banyak diburu investor asing, William menyarankan investor untuk membidik saham-saham yang belum menguat signifikan guna menghindari risiko terjadinya profit taking.

William menjagokan saham TLKM dengan target harga Rp 3.640 per saham-Rp 3.800 per saham, ITMG dengan target harga Rp 17.000 per saham, BMRI dengan target harga Rp 6.675 per saham-Rp 7.400 per saham, HRUM dengan target harga Rp 6.200 per saham, dan UNTR dengan target harga Rp 25.000 per saham.

Baca Juga: Begini prediksi pergerakan IHSG jelang pengumuman suku bunga BI dan The Fed

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×