kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,46   1,15   0.12%
  • EMAS1.343.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Prospek Emiten Sektor Transportasi dan Logistik Jelang Lebaran


Jumat, 17 Maret 2023 / 16:40 WIB
Simak Prospek Emiten Sektor Transportasi dan Logistik Jelang Lebaran
ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan yang didominasi pemudik melintas di jalur Pantura Karawang, Jawa Barat, Minggu (8/5/2022). Pada H+5 Lebaran, arus lalu lintas di jalur Pantura Karawang menuju Jakarta terpantau padat. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/YU


Reporter: Aris Nurjani | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten sektor transportasi dan logistik dinilai memiliki prospek positif jelang momentum Ramadan dan Idul Fitri 2023. Salah satu emiten yang berpotensi meraup cuan jelang Ramadan dan Lebaran adalah PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA).

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Desy Israhyanti mengatakan, permintaan logistik paket akan meningkat melihat penetrasi digital dan e-commerce yang semakin meningkat. Momentum Lebaran serta dukungan pemerintah melalui investasi pada proyek-proyek infrastruktur jalan tol untuk konektivitas turut membawa angin segar untuk sektor transportasi & logistik.

Menurut Desy saham ASSA dan SMDR menarik untuk di koleksi lantaran secara valuasi saham ASSA cenderung murah di mana PBV 1,54x, sementara rata-rata industri di 28x.

Sementara saham SMDR sebagai market leader kinerjanya cukup baik, selain itu valuasinya masih menarik dan EPS nya masih menarik dibanding peers.  

Desy merekomendasikan beli saham ASSA di target harga Rp 680-Rp 815 dan hold untuk saham SMDR dengan target harga Rp 338-Rp 378.

Baca Juga: IHSG Melonjak 1,71% ke 6.678 Jumat (17/3), SRTG, PTBA, MEDC Top Gainers LQ45

Head of Research Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan mengatakan sektor transportasi dan logistik akan mendapatkan angin segar akibat momentum Ramadan dan Idul Fitri didorong penghentian PPKM pada awal 2023. 

Hal ini terlihat dari tingkat pemulihan konsumsi masyarakat yang ditunjukkan dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) per Februari 2023 yang berada di 122.4 dibanding rata-rata IKK pra-pandemi yakni 124.5. Hal ini menopang penguatan sektor transportasi dan logistik.

"Hal ini menunjukkan pemulihan konsumsi masyarakat ke level pra-pandemi dan berpotensi menjaga permintaan atau spending masyarakat karena pemulihan ekonomi pasca Covid-19," kata Valdy.

Potensi peningkatan volume kendaraan menyusul mudik dan Hari Raya Idul Fitri berpotensi meningkatkan pendapatan pada sektor transportasi dan emiten jalan tol.

Secara fundamental, Valdy mengatakan saham-saham sektor transportasi dan logistik yang dapat diperhatikan adalah TMAS dan BIRD. Valdy merekomendasikan speculative buy saham BIRD dengan target harga Rp 1.750 per saham-Rp 1.770 per saham. Sementara saham TMAS di beli dengan target harga Rp 3.020 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×