kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.430.000   -10.000   -0,69%
  • USD/IDR 15.350   -1,00   -0,01%
  • IDX 7.829   -2,64   -0,03%
  • KOMPAS100 1.196   2,88   0,24%
  • LQ45 970   3,33   0,34%
  • ISSI 228   0,02   0,01%
  • IDX30 495   1,66   0,34%
  • IDXHIDIV20 597   3,35   0,56%
  • IDX80 136   0,44   0,33%
  • IDXV30 140   0,56   0,40%
  • IDXQ30 166   1,10   0,67%

Sempat Jatuh, Indeks Nikkei Akhirnya Berakhir Menguat Setelah BOJ Buka Suara


Rabu, 07 Agustus 2024 / 15:00 WIB
Sempat Jatuh, Indeks Nikkei Akhirnya Berakhir Menguat Setelah BOJ Buka Suara
ILUSTRASI. Bursa saham Jepang berakhir menguat pada hari Rabu (7/8) dalam pekan yang penuh gejolak.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Bursa saham Jepang berakhir menguat pada hari Rabu (7/8) dalam pekan yang penuh gejolak. Indeks saham utama naik dan turun dua digit yang menyebabkan wakil gubernur Bank of Japan (BOJ) meyakinkan investor bahwa tidak akan ada kenaikan suku bunga di tengah volatilitas pasar.

Ketakutan akan risiko resesi Amerika Serikat (AS) dan penghentian investasi yang didanai oleh yen yang murah memicu tekanan pasar. Perubahan sikap agresif oleh BOJ minggu lalu meningkatkan kekhawatiran tentang seberapa cepat bank sentral akan memperketat kebijakan moneter.

Wakil Gubernur BOJ Shinichi Uchida menanggapi kekhawatiran pada hari Rabu dengan mengatakan tidak akan menaikkan suku bunga ketika pasar keuangan tidak stabil, yang menyebabkan yen jatuh.

Indeks Nikkei 225, yang telah jatuh lebih dari 2% selama perdagangan awal, menguat karena pernyataan wakil gubernur dan naik lebih dari 3%. Nikkei 225 ditutup naik 1,19% pada 35.089,62. Indeks Topix yang lebih luas ditutup naik 2,26% ke level 2.489,21.

Baca Juga: Bursa Jepang Berakhir Naik setelah Hari Bergejolak Rabu (7/8), BOJ Tenangkan Pasar

Pergerakan ini mengikuti lonjakan 10% Nikkei pada hari Selasa (6/8). Kenaikan tersebut merupakan persentase kenaikan harian terbesar ketiga. Indeks tersebut berhasil memulihkan sebagian besar penurunan 12% pada hari Senin.

Penurunan dua digit tersebut merupakan penurunan terbesar dalam satu hari sejak kejatuhan Black Monday tahun 1987.

"Karena kita melihat volatilitas tajam di pasar keuangan domestik dan luar negeri, penting untuk mempertahankan tingkat pelonggaran moneter saat ini untuk sementara waktu," kata Uchida dalam pidatonya kepada para pemimpin bisnis di kota Hakodate di Jepang utara seperti dikutip Reuters.

Yen telah terapresiasi lagi sejak berbalik pada hari Selasa dari puncak tujuh bulan yang dicapai di awal minggu. Tetapi kurs yen merosot terhadap dolar setelah pernyataan Uchida.

"Komentarnya telah menjadi pemicu untuk memperlambat laju pelonggaran dalam carry trade yen," kata Kentaro Hayashi, ahli strategi senior di Daiwa Securities.

Pergerakan Nikkei tidak secara langsung didorong oleh perdagangan yen. Namun, yen yang menguat atau bergejolak memengaruhi laba perusahaan dan memengaruhi keputusan investor ritel dan institusional Jepang terkait alokasi ke pasar dalam negeri mereka.

Baca Juga: IHSG Naik 1,24% ke 7.217,9 di Sesi I Rabu (7/8), Top Gainers: BUKA, BRPT, SIDO

Pasar masih berada dalam kecemasan

Komunikasi terbaru BOJ tampaknya disambut baik oleh pasar. Komentar dari pejabat Federal Reserve pekan ini serta lebih banyak data ekonomi juga telah meredakan beberapa kekhawatiran tentang risiko penurunan ekonomi yang tajam di AS.

Tiga indeks saham utama Wall Street naik tipis pada hari Selasa.

Namun, pelaku pasar akan terus mencermati perkembangan. Kepercayaan investor kemungkinan akan tetap rapuh untuk sementara waktu.

"Volatilitas akan tetap tinggi, dengan tren dasar yang tidak menentu karena ekspektasi pasar berganti-ganti antara skenario soft landing dan hard landing AS," kata Chi Lo, ahli strategi pasar senior Asia Pasifik di BNP Paribas Asset Management.

Analis mengatakan pasar akan sangat sensitif terhadap perubahan apa pun dalam pertumbuhan lapangan kerja dan indikator inflasi di masa mendatang.

Baca Juga: IHSG Naik 0,55% Mengawali Perdagangan Rabu (7/8), Mengekor Bursa Regional

"Mengingat kenaikan suku bunga BOJ dan prospek bahwa Fed akan memangkas suku bunga secepatnya pada bulan September, perbedaan kebijakan juga dapat membebani pasar saham Jepang," kata Lo dari BNP Paribas Asset Management.

Namun dia menambahkan bahwa di luar volatilitas jangka pendek, arah pasar saham Jepang sangat bergantung pada apakah BOJ membiarkan siklus inflasi yang baik terjadi.

"Jika BOJ tetap akomodatif meskipun kebijakan dinormalisasi ... prospek jangka panjang pasar saham Jepang akan tetap baik," ujar Lo.

Di antara saham individu pada hari Rabu, peraih persentase terbesar di Nikkei adalah Disco Corp yang menguat 12,4%, diikuti oleh Japan Steel Works yang naik 11,63%, dan Sumitomo Mitsui Financial Group dengan kenaikan harga 10,24%.

Harga saham SoftBank Group yang merupakan perusahaan besar naik 5,2% sehingga memberikan kenaikan terbesar pada indeks.

Sektor perbankan, yang merupakan salah satu yang paling terpukul di antara 33 subindeks industri Bursa Efek Tokyo selama kemerosotan hari Senin, melonjak 7,9%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×