kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sejumlah Saham Sektor Transportasi Naik Puluhan Persen, Begini Rekomendasi Analis


Selasa, 21 November 2023 / 06:25 WIB
Sejumlah Saham Sektor Transportasi Naik Puluhan Persen, Begini Rekomendasi Analis
ILUSTRASI. Indeks sektor transportasi dan logistik hanya naik 1,44% sejak awal tahun hingga Senin (20/11).


Reporter: Aulia Ivanka Rahmana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah saham sektor transportasi dan logistik melesat hingga puluhan persen. Padahal, indeks sektor transportasi dan logistik hanya naik 1,44% sejak awal tahun hingga Senin (20/11).

Kenaikan IDX Sector Transportation & Logistic ini lebih kecil ketimbang Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang menguat 2,11% sejak awal tahun.

Saham PT Grahaprima Suksesmandiri Tbk (GTRA) yang menjadi jawara sektor transportasi dan logistik dengan penguatan 81,33% sepanjang tahun. Lalu disusul oleh PT Pelayaran Nelly Dwi Putri Tbk (NELY) dengan penguatan 74,87% sepanjang tahun.

Selanjutnya saham PT MPX Logistics International Tbk (MPXL) dengan penguatan 62,15% sepanjang tahun, saham PT Weha Transportasi Indonesia Tbk (WEHA) yang mengalami penguatan 51,82% sepanjang tahun, dan saham PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI) menguat 48,23% sepanjang tahun.

Baca Juga: Pemudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Membludak, Tembus 107,6 Juta

Stabilitas pemulihan ekonomi pasca pandemi merupakan salah satu penopang utama bagi beberapa emiten transportasi dan logistik. Associate Director Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nicodemus menilai, hal tersebut juga didorong oleh pulihnya daya beli dan konsumsi masyarakat. 

"Pemulihan ekonomi merupakan salah satu pendorong utama menguatnya industri transportasi dan logistik," kata Nico kepada Kontan.co.id, Senin (20/11).

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, sektor transportasi mendapatkan berkah dari kebijakan pemerintah dalam meniadakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan diberhentikannya status Covid-19.

"Konektivitas pun meningkat dan hal ini memberikan berkah terhadap kenaikan kinerja fundamental di emiten transportasi," kata Nafan kepada Kontan.co.id, Senin (20/11).

Baca Juga: Prospek Emiten Pariwisata Dinilai Cerah Tahun 2024, Ini Rekomendasi Sahamnya

Menurut Nafan, hal ini sudah sebanding dan selaras dengan kinerja fundamental emiten transportasi dan logistik sehingga bisa menjadi top gainers. Namun, saat ini saham sektor transportasi terus mengalami fluktuasi.

Dengan begitu, Nafan merekomendasikan hold kepada beberapa saham, diantaranya, saham GTRA dengan target harga Rp 300 per saham, saham NELY dengan target harga Rp 498 per saham, saham MPXL dengan target harga Rp 165 per saham.

Lalu, saham WEHA dengan target harga Rp 178 per saham, ELPI dengan target harga Rp 304 per saham, dan BIRD dengan target harga 2.110 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×