kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sejumlah emiten bakal meraup dana jumbo dari gelaran rights issue


Kamis, 17 Juni 2021 / 17:46 WIB
Sejumlah emiten bakal meraup dana jumbo dari gelaran rights issue
ILUSTRASI. Sejumlah emiten akan melakukan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah emiten akan melakukan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue. Dana yang berpotensi terkumpul dari aksi korporasi ini pun mencapai triliunan.

Sebut saja, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) yang berencana untuk menerbitkan saham baru sebanyak-banyaknya 7,17 miliar lewat rights issue. Emiten petrokimia ini akan menggunakan dana hasil rights issue untuk belanja modal guna menambah kapasitas produksi Chandra Asri atau anak usaha di masa yang akan datang.

TPIA memang belum mengumumkan terkait besaran harga pelaksanaan rights issue. Namun, jika mengacu pada harga penutupan saham TPIA per Kamis (17/6) di level Rp 9.575, konstituen Indeks Kompas100 ini berpotensi meraup dana hingga Rp 68,65 triliun.

Ada pula PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) yang akan melakukan rights issue sebanyak-banyaknya 28,67 miliar saham seri B dengan nilai nominal Rp 50 per saham. Jumlah ini setara sebanyak-banyaknya 23,25% dari modal ditempatkan dan disetor penuh BRI.

Baca Juga: PPA jadi pemegang saham Indosat (ISAT), begini rekomendasi sahamnya

Aksi korporasi ini dilakukan dalam rangka pembentukan holding ultra mikro yang melibatkan perseroan dengan Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani atau PNM.

Selain BBRI, perbankan lain yang berencana untuk menerbitkan saham baru adalah PT Bank KB Kookmin Tbk (BBKP). BBKP berencana menerbitkan saham sebanyak-banyaknya 35,2 miliar saham. Jumlah tersebut melebihi total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh di Bukopin saaat ini yakni 32,67 miliar saham.

Apabila rights issue dilaksanakan di harga terakhir penutupan yakni Rp 416 per saham, maka dana yang dihimpun dari rights issue ini sebesar Rp 13,5 triliun. Rights issue ini akan memperkuat struktur permodalan BBKP dalam rangka memenuhi regulasi pemenuhan modal minimum.

Baca Juga: Optimalkan penyaluran kredit, BTN berencana rights issue awal 2022




TERBARU

[X]
×