kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,58   -19,63   -1.94%
  • EMAS961.000 -0,21%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.32%

Samuel Sekuritas: Saham HM Sampoerna (HMSP) masih akan tertekan hingga Agustus


Rabu, 10 Juli 2019 / 22:35 WIB
Samuel Sekuritas: Saham HM Sampoerna (HMSP) masih akan tertekan hingga Agustus


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga saham terus tertekan sepanjang 2019, beberapa analis menilai masih ada harapan bagi saham PT HM Sampoerna Tbk (HMSP, anggota indeks Kompas100) untuk rebound di semester II-2019. Hal ini ditopang pada kondisi fundamental produsen rokok tersebut, yang dianggap masih positif.

Asal tahu saja, berdasarkan data RTI sepanjang 2019 saham HMSP sudah terkoreksi sebanyak 15,36%. Hal ini juga masih berlanjut pada perdagangan Rabu (10/7) saham HMSP ditutup koreksi 0,32% di level harga Rp 3.140 per saham. 

Baca Juga: Analis: Efisiensi jadi kunci Harum Energy (HRUM) perbaiki kinerja

Kepala Riset Samuel Sekuritas Suria Dharma mengatakan, penyebab utama tertekannya saham HMSP akibat adanya rencana penyesuaian free float yang akan dilakukan pada saham-saham anggota LQ45, termasuk HMSP. Rencana penyesuaian free float di Agustus dilakukan untuk menghitung market cap atau kapitalisasi saham. 

"Free float HMSP hanya 7,5%, jadi market cap berdasarkan free float akan drop banyak bobotnya di LQ45. Bobot HMSP sendiri akan turun dari kisaran 5,3% menjadi 1,5%," kata Suria kepada Kontan.co.id, Rabu (10/7).

Sementara itu, outlook untuk fundamental HMSP dinilai masih belum berubah, sehingga secara fundamental prospek HMSP masih cukup positif hingga akhir tahun. Meskipun begitu, untuk saat ini investor dianjurkan untuk menunggu sampai sentimen penyesuaian bobot reda menekan harga saham HMSP.

Baca Juga: Jika suspensi saham KIJA kelak dicabut, begini rekomendasi analis

Sampai saat ini, Suria mengatakan pihaknya masih memasang target harga Rp 4.150 dengan rekomendasi buy mengacu pada kondisi fundamental emiten itu. Hanya saja, karena ada aturan free float adjustment maka saham HMSP diprediksikan masih akan tertekan hingga Agustus.

"Tapi mungkin, untuk target harga dari analis kami ke depannya mesti diturunkan," ujarnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×