kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,58   -19,63   -1.94%
  • EMAS961.000 -0,21%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.32%

Sambut window dressing, begini rekomendasi saham dari analis


Minggu, 29 November 2020 / 21:05 WIB
Sambut window dressing, begini rekomendasi saham dari analis
ILUSTRASI. Secara historis pergerakan saham di bulan Desember selalu meningkat akibat aksi window dressing, tidak terkecuali tahun ini.


Reporter: Kenia Intan | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Secara historis pergerakan saham di bulan Desember selalu meningkat akibat aksi window dressing, tidak terkecuali tahun ini. Analis Panin Sekuritas William Hartanto memperkirakan pergerakan IHSG berpotensi menguat walau dibayang-bayangi aksi profit taking.

"Perkiraan saya, penguatan agak terbatas, 5.800  hingga 6.000," jelasnya kepada Kontan.co.id, Minggu (29/11). Selain window dressing, penguatan IHSG juga akan terdorong sentimen lain seperti pembagian dividen.

Sepengamatan William, window dressing tahun ini memang terjadi lebih awal dibanding tahun-tahun biasanya. Menurutnya, window dressing sudah terjadi sejak minggu ke-2 bulan November 2020. Hal ini dipicu libur akhir tahun yang lebih panjang.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika selama sebulan terakhir IHSG bergerak menguat signifikan. Mengutip data dari RTI Business, selama sebulan IHSG terkerek 12,77% ke 5.783,335 hingga Jumat (27/11). Selain terdorong sentimen window dressing, penguatan IHSG sebulan terakhir juga terdongkrak sentimen pemilihan presiden Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: IHSG diprediksi menguat, ini rekomendasi saham untuk Senin (30/11)

Melihat proyeksi IHSG di bulan Desember 2020, William menyarankan investor untuk mencermati saham-saham penggerak indeks seperti BBCA, TLKM, HMSP, BBRI, BMRI, BBNI atapun ASII.

Selain itu, William menyarankan investor untuk mengikuti sentimen-sentimen yang muncul sepanjang bulan Desember 2020. Misalnya saja, emiten BUMN di sektor konstruksi yang memungkinan mengantongi kontrak baru ataupun kabar perkembangan vaksin yang berpotensi mempengaruhi saham sektor farmasi.

"Saham-saham yang bisa dilirik secara keseluruhan ASII, BBCA, BBRI, BBNI, BMRI, TLKM, HMSP, LPPF, RALS, MAPI, WSKT, ADHI, PTPP, KAEF, IRRA, LSIP, AALI," imbuhnya.

Sementara itu, dalam menghadapi window dressing di bulan Desember, Analis Capital Sekuritas Chris Apriliony cenderung menjagokan saham-saham bluechips seperti TLKM, ICBP dan ANTM. TLKM karena harganya  masih jauh dari harga tahun lalu. Adapun harga saham TLKM juga mulai menguat saat ini.

Untuk ICBP, laba laporan keuangan yang akan dirilis diproyeksikan masih lebih tinggi dibanding tahun 2019. Sementara itu, penguatan kembali harga nikel menambah kemenarikan saham ANTM.

Selain saham-saham tersebut, Chris menyarankan investor untuk mengamati saham-saham lain dalam deretan indeks LQ45. Pertimbangannya, secara historis pergerakan saham-saham LQ45 di bulan Desember cenderung menguat.

Asal tahu saja, window dressing ini dilakukan untuk mempercantik laporan keuangan atau harga saham perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sementara, reksadana atau perusahaan yang beinvestasi di pasar modal biasanya menaruh dananya di saham-saham LQ45. Misalnya, perusahaan-perusahaaan besar seperti fund manager asing, reksadaa luar negeri, ataupun dana pensiun. Sehingga, indeks ini lebih berguna menjadi acuan dibandingkan saham-saham lain.

Menurut pengamatan Chris, berdasar historis pergerakan indeks LQ45, berikut ini beberapa saham yang memiliki peluang tinggi untuk kembali menguat di bulan Desember 2020. Adapaun peluangya mulai dari 70% hingga 90%. Beberapa saham tersebut adalah SMGR, ASII, PGAS, TOWR, SCMA, BMRI, UNTR, BBCA, INCO, BBNI, BBRI, ICBP, JSMR, PTBA, TLKM dan UNVR.

 

Selanjutnya: Sudah mulai window dressing, cermati rekomendasi saham pilihan analis

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×