kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sambut 5G, PT XL Axiata (EXCL) Pertimbangkan untuk Matikan Layanan 2G


Sabtu, 11 November 2023 / 08:00 WIB
Sambut 5G, PT XL Axiata (EXCL) Pertimbangkan untuk Matikan Layanan 2G
ILUSTRASI. PT XL Axiata (EXCL) mempertimbangkan untuk mematikan jaringan 2G secara bertahap.KONTAN/Baihaki/BTS/XL


Reporter: Recha Dermawan | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - PAMEKASAN. PT XL Axiata (EXCL) mulai mempertimbangkan untuk mematikan jaringan 2G secara bertahap setelah sebelumnya XL Axiata juga sudah menghentikan layanan 3G karena dialihkan ke layanan 4G.

Adapun jaringan 2G yang akan dimatikan oleh XL saat ini digunakan oleh pelanggan operator untuk layanan panggilan suara.

Mengenai persiapan penutupan jaringan 2G, XL Axiata saat ini tengah berusaha untuk mendorong layanan Voice over LTE (VoLTE) yaitu panggilan suara berbasis koneksi LTE

Layanan VoLTE dikabarkan mampu menggantikan layanan panggilan suara namun berbasis konektivitas internet.

Baca Juga: XL Axiata (EXCL) Sebut Rencana Merger dengan FREN Masih Terbuka

Adapun rencana pemberhentian 2G ini dikaitkan dengan persiapan XL menyambut layanan 5G di masa mendatang.

“Dulu kita maintain 2G, 3G, 4G, lalu kita tutup 3G dan voice kita pindahkan ke 2G tetapi nanti 5G akan datang, maka sebelum 5G ini menjadi massive dan menjadi cost kita ke depannya, ada cost yang harus kita kurangi, dalam hal ini yaitu 2G,” kata Director and Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Jumat (10/11).

Ia juga menyampaikan bahwa saat ini trafik layanan 2G terus menurun seiring dengan banyaknya handset yang sudah mendukung panggilan berbasis VoLTE. 

Trafik panggilan di aplikasi over the top (OTT) seperti WhatsApp pun kiat meningkat seiring dengan turunnya panggilan suara 2G dari tahun ke tahun.

Tidak hanya itu, saat ini tantangan yang dihadapi XL adalah masih dipakainya jaringan 2G tidak hanya untuk panggilan suara tetapi juga mesin EDC.

Baca Juga: IHSG melemah 0,42% ke 6.809 Pada Jumat (10/11), BRPT, EXCL, TPIA Top Gainers LQ45

Untuk itu, XL Axiata bersama dengan perbankan mengadakan program pemindahan mesin EDC lama yang semula pakai 2G dengan mesin EDC berbasis LTE

Gede juga menyampaikan, seiring banyaknya vendor smartphone yang merilis ponsel dengan dukungan VoLTE dengan harga terjangkau, diharapkan nantinya masyarakat juga akan beralih ke 4G dan berpindah dari panggilan suara ke VoLTE sehingga targetnya, dalam 3 tahun mendatang XL Axiata bisa secara resmi memberhentikan layanan 2G

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×