kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saham-Saham Ini di Bawah Harga Rp 10, Berani Masuk?


Kamis, 07 September 2023 / 18:58 WIB
Saham-Saham Ini di Bawah Harga Rp 10, Berani Masuk?
ILUSTRASI. Setelah resmi diluncurkan pada 12 Juni 2023, kehadiran papan pemantauan khusus mampu mendorong pergerakan saham tidur.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah resmi diluncurkan pada 12 Juni 2023, kehadiran papan pemantauan khusus mampu mendorong pergerakan saham-saham yang telah lama tertidur di level Rp 50 alias gocap. 

Sekadar mengingatkan pada tahap pertama ini alias hybird call auction, hanya saham-saham yang mendapatkan kriteria 1 dan kriteria 7 yang diperdagangkan dengan skema periodic call auction. 

Adapun di kriteria 1 disematkan pada saham dengan harga rata-rata selama enam bulan terakhir di pasar reguler dan/atau pasar reguler periodic call auction kurang dari Rp 51. 

Pada kriteria 7, nilai transaksi rata-rata harian saham kurang dari Rp 5 juta dan volume transaksi rata-rata saham kurang dari 10.000 saham selama enam bulan terakhir. 

Baca Juga: Saham Petrindo Jaya (CUAN) Masuk Efek Dalam Pemantauan Khusus Mulai Hari Ini

Namun tampaknya investor melakukan aksi jual di beberapa saham menghuni papan pemantauan khusus. Per Kamis (7/9), setidaknya 13 saham yang berada di bawah Rp 50.

Harga saham paling rendah ada di PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk (MKNT) di level Rp 6. Menyusul, saham PT Minna Padi Investama Sekuritas Tbk (PADI) dan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) masing-masing di Rp 7. 

Memang secara harga, saham-saham itu sudah tergolong murah sehingga menggiurkan  bagi investor yang punya dana minim. Namun ada risiko besar yang mengintai karena rawan digoreng. 

Baca Juga: Inisiatif Strategis SRO, OJK, dan BEI dalam Mendorong Pertumbuhan Pasar Modal

Founder WH Project William Hartanto menyebut, jika investor ingin melirik saham-saham receh itu, yang perlu diperhatikan adalah momentum. Saham-saham itu bisa memberikan keuntungan karena dengan modal yang kecil, tapi bisa memberikan keuntungan yang sangat besar ketika harga naik. 

Namun, William mengingatkan jika momentum itu belum datang, maka hanya akan menjadi saham yang mudah dibeli, tetapi sulit untuk dijual. 

"Dan pastinya rawan digoreng karena harganya yang relatif murah," ucap William kepada Kontan, Kamis (7/9). 

Baca Juga: Volume Melonjak, Tetap Hati-Hati Trading di Papan Pemantauan Khusus

Saran Investasi

William menyarankan investor untuk tidak berinvestasi untuk jangka panjang di saham-saham penghuni papan pemantauan khusus jika belum ada kejelasan dari sisi fundamental. 

Dia menyarankan investor untuk bertransaksi jangka pendek alias trading. Investor dan pelaku pasar perlu memanfaatkan momentum. 

"Jika terjadi lonjakan volume perdagangan, maka itu bisa menjadi indikasi bahwa saham-saham tersebut mendapat momentum untuk menguat," jelas William. 

Baca Juga: Volume Perdagangan Papan Pemantauan Khusus Meroket hingga 14.000%, Cermati Hal Ini

Budi Frensidy, Pengamat Pasar Modal dari Universitas Indonesia turut menegaskan saham-saham di papan pemantauan khusus tidak cocok investasi jangka panjang. 

Kalau mau trading, dia menyarankan untuk berspekulasi dalam jangka pendek. Selain itu, investor juga perlu mengatur komposisi portofolio. 

"Sebaiknya tidak mengalokasikan sebagian besar dari portofolio karena likuiditasnya yang dan bisa tiba-tiba hilang juga likuiditasnya," kata Budi. 

Budi merekomendasikan, investor untuk menjauhi dan meninggalkan saham-saham yang berada di dalam papan pemantauan khusus, sambil melirik saham blue chip

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×