kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rupiah berpotensi melemah setelah rilis pertumbuhan ekonomi AS


Minggu, 28 Oktober 2018 / 10:10 WIB
Rupiah berpotensi melemah setelah rilis pertumbuhan ekonomi AS
ILUSTRASI. Uang rupiah


Reporter: Disa Ayulia Agatha | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pergerakan rupiah dalam perdagangan Senin (29/10) akan bergantung pada rilis data pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) kuartal III-2018. Pekan lalu, gross domestic product (GDP) AS menunjukkan pertumbuhan 3,5%, lebih tinggi dari perkiraan pasar 3,4%.

Jumat (26/10), di pasar spot, mata uang Garuda terkoreksi 0,19% ke level Rp 15.217 per dollar Amerika Serikat (AS). Namun berbeda dengan dengan pasar spot, rupiah justru menguat 0,02% menjadi Rp 15.207 per dollar AS dalam data kurs tengah versi Bank Indonesia (BI).

Kepala Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual mengatakan bahwa mata uang Garuda ke depannya tidak akan terlepas dari sentimen eksternal yang cenderung lebih mendominasi. ”Bank sentral Eropa (ECB) menyatakan akan menghentikan stimulus dan mulai menaikkan suku bunga,” kata David. Sebelumnya, ECB belum dapat meyakinkan pasar mengenai kenaikan suku bunga ini terkait kasus anggaran Italia yang defisit.

Di sisi lain menurutnya pengumuman inflasi di waktu mendatang diperkirakan masih terkendali di kisaran 0,2%. Pasalnya pada bulan ini hasil survei pekan keempat Bank Indonesia (BI) mencatat Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami inflasi sebesar 0,17% (month-to-month). Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan sebelumnya yang masih mengalami deflasi sebesar 0,18%.

Analis Valbury Asia Futures Lukman Leong mengatakan sentimen lainnya juga masih datang dari kasus pembunuhan salah satu wartawan Washington Post yang mengakibatkan banyak tekanan untuk Arab Saudi seperti dari AS maupun Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Bukan hanya itu persoalan defisit Italia yang berkepanjangan juga turut memberikan dorongan kepada dollar. Pasalnya, defisit fiskal anggaran Italia tahun depan menjadi 2,4% dari produk domestik bruto (PDB). Angka tersebut melonjak tajam dari usulan pemerintahan sebelumnya sebesar 0,8%.

Lukman memprediksi rupiah akan berada dalam rentang sempit Rp 15.200-Rp 15.235 dollar AS. "Walaupun potensi melemah tapi terbatas," ujarnya. Sedangkan David memproyeksikan mata uang Garuda bergerak di level Rp 15.200-Rp 15.260 per dollar AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×