kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45961,84   -17,31   -1.77%
  • EMAS984.000 -1,50%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Rilis PDB Indonesia sudah diantisipasi, berikut saham pilihan yang layak dilirik


Jumat, 05 Februari 2021 / 07:55 WIB
Rilis PDB Indonesia sudah diantisipasi, berikut saham pilihan yang layak dilirik


Reporter: Kenia Intan | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pusat Statistik (BPS) akan merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2020, Jumat (5/2). Kepala Riset NH Korindo Sekuritas Anggaraksa Arismunandar mengungkapkan, PDB Indonesia diperkirakan akan terkontraksi.

" Konsensus terkontraksi 2,1%, itu yang menjadi pegangan, dijadikan acuan," jelas Anggaraksa ketika dihubungi Kontan.co.id, Kamis (4/2).

Walau hasil PDB Indonesia tahun 2020 tercatat minus, Anggaraksa menilai itu tidak akan memberatkan pergerakan IHSG Jumat (5/2).

Sebab, data PDB bersifat lagging atau cerminan masa lampau. Padahal pelaku pasar cenderung forward looking atau lebih mempertimbangkan sentimen-sentimen yang berpengaruh di masa mendatang. Menurutnya, hasil PDB sudah diantispasi pelaku pasar.

Baca Juga: Menjelang rilis PDB Indonesia tahun 2020, simak proyeksi IHSG berikut

Sementara untuk kondisi ekonomi ke depan, Anggaraksa bilang belum dapat memberikan gambaran. Hanya saja, penanganan terhadap Covid-19 oleh pemerintah menjadi salah satu sentimen yang menentukan, misalnya saja penerapan lockdown.

Sekadar informasi, menurut catatan Kontan.co.id sebelumnya, pemerintah provinsi DKI Jakarta akan mengkaji opsi lockdown di akhir pekan seperti yang diusulkan oleh anggota DPR. Usulan ini muncul menanggapi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dinilai tidak efektif.

Jika lockdown nantinya benar diterapkan, maka kondisi ekonomi berpeluang semakin tertekan, sehingga berpeluang turut memberatkan pergerakan IHSG. Akan tetapi Anggaraksa menekankan, dampak tersebut tergantung dari seberapa ketat lockdown  diberlakukan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×