kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,43   -4,30   -0.45%
  • EMAS1.029.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Restrukturisasi Utang, Waskita Beton Precast (WSBP) Gelar Private Placement


Selasa, 08 November 2022 / 11:17 WIB
Restrukturisasi Utang, Waskita Beton Precast (WSBP) Gelar Private Placement
ILUSTRASI. PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) berencana untuk melakukan penambahan modal lewat skema rights issue.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) berencana untuk melakukan penambahan modal tanpa memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) alias private placement, yang diberikan kepada para kreditur.

Melansir keterbukaan informasi yang diterbitkan di laman Bursa Efek Indonesia, Selasa (8/11), private placement ini dilakukan sebagai salah satu skema penyelesaian utang berdasarkan perjanjian perdamaian yang telah disahkan (homologasi) oleh Majelis Hakim pada Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Dalam aksi korporasi ini, WSBP akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 32,71 miliar lembar saham biasa berdasarkan ketentuan yang diatur dalam perjanjian perdamaian. WSBP akan mengonversi nilai utang kreditur sebesar Rp 1,43 triliun.

Baca Juga: Waskita Beton (WSBP) Dukung Penyelesaian Tol Japek II Selatan

Selain konversi utang menjadi ekuitas, anak usaha PT Waskita Karya Tbk (WSKT) ini juga akan melakukan konversi atas utang kreditur kepada pemegang Obligasi Berkelanjutan I Tahap I Tahun 2019 dan pemegang Obligasi Berkelanjutan I Waskita Beton Precast Tbk Tahap II Tahun 2019  sreta PT Bank DKI menjadi obligasi wajib konversi (OWK).

WSBP berhak untuk mengonversi OWK menjadi saham baru yang diterbitkan oleh WSBP dalam jangka waktu 10 tahun sejak penerbitan OWK berlaku efektif melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB).

Rencana PMTHMETD diharapkan akan memengaruhi kemampuan WSBP untuk memperkuat dalam sisi kinerja pemasaran guna mendapatkan perolehan proyek-proyek baru yang strategis serta guna memperbaiki kondisi keuangan. Hal ini akan berpengaruh positif terhadap kondisi keuangan WSBP.

Private placement ini  dapat  menimbulkan efek dilusi maksimum sebesar 55,4%. Untuk melancarkan aksi korporasi ini WSKT akan menyelenggarakan RUPSLB pada tanggal 14 Desember 2022 mendatang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×