kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Restrukturisasi Internal, Saham GEMS Senilai Rp 18,5 Triliun Dialihkan ke DSSA


Jumat, 11 Agustus 2023 / 04:35 WIB
Restrukturisasi Internal, Saham GEMS Senilai Rp 18,5 Triliun Dialihkan ke DSSA


Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tercatat jual bersih atau net buy asing Rp 18,5 triliun di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan kemarin, Kamis (10/8). Net buy ini terjadi karena adanya transaksi tutup sendiri atau crossing 2,85 juta saham PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) di pasar negosiasi.

Crossing saham GEMS terjadi di harga Rp 6.500 per saham. Sehingga, total transaksi GEMS di pasar negosiasi mencapai Rp 18,5 triliun.

Sekretaris Perusahaan Golden Energy Mines Sudin Sudirman mengatakan, transaksi crossing dilakukan oleh PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) sebagai pihak pembeli.

“Sekitar 48% saham dalam GEMS dilakukan crossing oleh Golden Energy and Resources Ltd (GEAR) dengan DSSA pada hari ini, karena restrukturisasi internal sesuai disclosure dari DSSA,” kata Sudin kepada Kontan.co.id, Kamis (10/8).

Baca Juga: Volume Penjualan dan Produksi Batubara Golden Energy (GEMS) Naik pada Semester I

Akibat pengalihan tersebut, DSSA saat ini menjadi pemegang saham utama dan pengendali langsung GEMS. Berdasarkan keterbukaan informasi di BEI kemarin, GEAR memiliki 822,38 juta atau 13,98% saham Golden Energy.

“Rencana restrukturisasi internal entitas anak akan dilakukan melalui beberapa rangkaian transaksi, yang meliputi rencana penerimaan saham GEMS, rencana pengalihan saham GEAR, dan pembelian saham GEMS yang dimiliki oleh GEAR dari pemegang saham publik GEAR yang memilih untuk menerima dana,” ujar manajemen DSSA dalam keterbukaan informasi tertanggal 10 Agustus 2023.

Per hari ini, DSSA telah menerima sebanyak 2.848.721.125 Saham GEMS, yang dibagikan GEAR melalui dua langkah. Pertama, pembagian dividen saham (dividend in specie) berupa saham GEMS. Kedua, penurunan modal GEAR dengan cara pengembalian modal oleh GEAR dalam bentuk pembagian saham GEMS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×