kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rencana Tender 7.000 BTS XL Masih Belum Tuntas


Kamis, 13 November 2008 / 14:29 WIB
Rencana Tender 7.000 BTS XL Masih Belum Tuntas


Reporter: Ruisa Khoiriyah | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

MANDAILING NATAL. Krisis finansial global memang benar-benar sudah merasuk ke seluruh sendi perekonomian sejagat. Kemarau likuiditas mau tak mau sudah membuat banyak perusahaan yang terpaksa mereview lagi rencana-rencana ekspansi. Provider telepon seluler PT Excelcomindo Tbk juga termasuk salah satu di antaranya.

Gara-gara hempasan krisis yang sudah membuat likuditas global mengering, rencana tender 7.000 BTS  XL sampai saat ini masih belum tuntas. Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi menjelaskan, sejatinya proses tender BTS itu sudah memasuki tahap akhir. "Tapi dengan situasi ekonomi dunia yang seperti ini, maka kami lebih tegas meminta penegasan komitmen dari peserta tender untuk closingnya," jelas Hasnul,  usai meresmikan BTS XL di Muara Sitonggi, Mandailing Natal, Sumatra Utara, Kamis (13/11).

Hasnul bilang, permintaan XL untuk penegasan komitmen tersebut wajar mengingat tender sejumlah BTS tersebut menyangkut duit yang tidak sedikit. XL sendiri menargetkan perolehan dana dari tender tersebut sekitar US$ 800 juta sampai US$ 900 juta atau setara Rp 9 triliun. "Kami juga harus melihat supporting funding mereka, kuat atau tidak, jadi harus kami cek satu per satu," lanjutnya.

Dus, tidak heran, jika target penuntasan hajatan tender ini molor terus. September lalu, seharusnya gelaran tender ini sudah bisa selesai. Namun, "Kami berharap semoga akhir tahun ini bisa selesai," imbuh Hasnul.

Rencananya, duit hasil tender senilai ratusan juta dollar tersebut bakal digunakan XL untuk menambah capital expenditure alias belanja modal tahun depan. "Kami juga akan menggunakannya untuk mencicil utang," jelas Hasnul.

Hingga saat ini, sudah ada enam peserta tender 7.000 BTS milik XL tersebut. Dua di antaranya adalah Recapital dan PT Indonusa Mora Perkasa. "Dari enam peserta, kami akan pilih satu pemenang," ujarnya.

Sekadar tambahan saja, XL sudah menanam 15.300 BTS di seluruh pelosok Indonesia. Tahun 2008 ini, mereka menargetkan penambahan kapasitas jaringan tersebut sehingga kepemilikan BTS XL bisa genap 16.000 BTS tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×