kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,73   8,09   0.86%
  • EMAS1.029.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Rekomendasi Saham-Saham yang Terangkat Sentimen Piala Dunia 2022


Selasa, 22 November 2022 / 14:49 WIB
Rekomendasi Saham-Saham yang Terangkat Sentimen Piala Dunia 2022
ILUSTRASI. Piala Dunia Qatar 2022. Sejumlah emiten diprediksi akan terpapar angin segar dari hajatan sepak bola terbesar Piala Dunia yang sedang berlangsung di Qatar.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Piala Dunia FIFA 2022 sudah dimulai sejak Minggu (20/11) dan akan bergulir hingga 18 Desember 2022. Selain pemegang hak siar, sejumlah emiten diprediksi akan terpapar angin segar dari hajatan sepak bola terbesar yang sedang berlangsung di Qatar.

Financial Expert Ajaib Sekuritas, M. Julian Fadli mengatakan, investor cenderung mengakumulasi saham-saham yang terkait dengan Piala Dunia 2022, terutama pemegang hak siar. Yakni PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) dan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK).

Selain itu, Fadli menyoroti momentum ini akan menggairahkan konsumsi masyarakat. Sehingga gelaran Piala Dunia bisa berdampak posiitf terhadap kinerja pendapatan emiten di bisnis Fast-Moving Consumer Goods (FMCG).

"Normalnya mobilitas masyarakat turut mendorong daya beli konsumen, dan optimisme investor dalam melirik saham-saham FMCG," ujar Fadli kepada Kontan.co.id, Selasa (22/11).

Baca Juga: Pendapatan Iklan Surya Citra Media (SCMA) Terdongkrak Piala Dunia 2022

Tren positif juga tercermin dari data Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) September 2022 sebesar 117,2. Menunjukkan tetap berada pada level optimis. Kondisi ini turut ditopang data pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih bisa melaju 5,72%.

Di sisi lain, ketika menonton sepak bola masyarakat akan lazim ditemani oleh makanan, minuman, atau camilan. Sejumlah emiten identik dengan produk tersebut, misalnya ada Grup Indofood dan PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD).

Contoh lainnya ada PT Mayora Indah Tbk (MYOR). "Secara jangka pendek, kenaikan permintaan produk di konsumen akan menjadi katalis positif untuk saham-saham FMCG," imbuh Fadli.

Di antara emiten-emiten terkait Piala Dunia ini, Fadli menjagokan tiga saham:

1. SCMA

Rekomendasi: Buy

Trend bullish berhasil breakout resistance dan menguat di atas MA-5 dan MA-20. Membentuk golden cross, memiliki target resistance pada level Rp 290 dan support di Rp 258. Pertimbangkan cut loss apabila break support kuat pada Rp 250

Sepanjang tahun ini SCMA tengah menambah konten-konten eksklusif termasuk olahraga pada platform Vidio. Hal ini sebagai upaya SCMA mempertahankan posisi Vidio sebagai Over The Top (OTT) nomor 1 di Indonesia dari sisi Active Monthly Users dan Total Streaming Minutes berdasarkan hasil riset Media Partner Asia.

2. EMTK

Rekomendasi: Buy

Target harga selanjutnya pada level Rp 1.800 dan support di MA-5 pada area Rp 1.670. Pertimbangkan cut loss apabila break support kuat pada Rp 1.650.

EMTK selaku induk SCMA berpotensi mendapat cuan yang lebar dari pendapatan iklan dari gelaran piala dunia. Pendapatan EMTK dan SCMA juga berpotensi bertumbuh, yang pada akhirnya akan memperkuat arus kas dan bottom line EMTK.

3. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP)

Rekomendasi: Buy

Pertimbangkan area Rp 9.700 hingga Rp 9.750, dengan target harga pada resistance di level Rp 10.200. Pertimbangkan cut loss apabila break support di level harga Rp 9.500.

Angka penjualan makanan ringan dikala masa perhelatan Piala Dunia 2022 diprediksi akan meningkat, karena banyak masyarakat yang melakukan  nonton bareng. Hal ini berpotensi memberi sentimen positif bagi ICBP.

Baca Juga: Begini Prospek Bisnis Emtek (EMTK) Saat Jadi Pemegang Hak Siar Piala Dunia 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×