kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rekomendasi Saham Astra International (ASII) di Tengah Geliat Bisnis Otomotif


Selasa, 19 September 2023 / 05:05 WIB
Rekomendasi Saham Astra International (ASII) di Tengah Geliat Bisnis Otomotif


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA - Bisnis otomotif PT Astra International Tbk (ASII) terus bertumbuh per Agustus 2023, dengan penjualan mobil bermerek ASII mencapai 50.816 unit, meningkat 4,52% dari Juli 2023 yang tercatat 48.618 unit.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), akumulasi penjualan mobil ASII selama delapan bulan pertama 2023 adalah 377.358 unit, atau naik 5,57% dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Kepala riset Mirae Asset Sekuritas Indonesia Robertus Yanuar Hardy menilai, segmen otomotif dan jasa keuangan ASII akan pulih pada paruh kedua tahun ini. 

Baca Juga: Bisnis Otomotif Melaju, Begini Rekomendasi Saham Astra International (ASII)

Pemulihan ini terutama karena sedikitnya hari libur. Dus, untuk tahun ini dia memproyeksi ASII bisa membukukan pertumbuhan volume penjualan sebesar 3%-4% secara year-on-year.

“Meskipun suku bunga acuan tinggi, kami memproyeksikan volume penjualan mobil dan sepeda motor di Indonesia masih dapat tumbuh sesuai proyeksi,” kata Robertus kepada Kontan.co.id, Senin (18/9).

 

Alroy Soeparto dari Henan Putihrai Sekuritas menilai akuisisi OLX akan menguatkan posisi ASII di pasar mobil bekas dan mendukung segmen pembiayaan serta asuransi milik ASII. 

Alroy merekomendasikan pembelian saham ASII dengan target harga Rp 7.500, tetapi menyebut risiko dari penjualan otomotif yang kurang baik dan penurunan harga komoditas.

Baca Juga: Penjualan Mobil Astra International (ASII) Masih Tumbuh hingga Agustus 2023

Sementara itu, Robertus menyarankan Trading buy saham ASII dengan target yang sama. Ia menekankan, selain otomotif, ASII juga didukung oleh bisnis terkait komoditas seperti segmen alat berat, pertambangan, konstruksi, dan energi (HEMCE).

Musim kemarau berkepanjangan (El Nino) diperkirakan akan menguntungkan perusahaan pertambangan, yang akan meningkatkan volume produksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×