kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45976,43   4,23   0.43%
  • EMAS915.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.19%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Rekomendasi beli saham Aneka Gas (AGII), waspadai koreksi jangka pendek


Kamis, 05 Agustus 2021 / 07:40 WIB
Rekomendasi beli saham Aneka Gas (AGII), waspadai koreksi jangka pendek

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII) membukukan peningkatan penjualan bersih 18,04% secara year on year (yoy) menjadi Rp 642,70 miliar di kuartal pertama 2021. Perolehan ini bahkan merupakan pendapatan kuartalan tertinggi sepanjang masa yang berhasil dicatatkan AGII. 

Jika dilihat secara kuartalan, kinerja tersebut mengalami kenaikan 5,1% dibanding kuartal keempat 2020. Hal ini pada akhirnya ikut mengerek laba tahun berjalan AGII menjadi Rp 49,36 miliar atau naik 160,21% secara yoy dibanding realisasi kuartal pertama 2020 yang sebesar Rp 18,97 miliar. 

Head of Research Sucor Sekuritas Adrianus Bias Prasuryo dalam riset pada 23 Juni menuliskan, baiknya kinerja AGII tidak terlepas dari pertumbuhan volume gas sebesar 14% menjadi 147 juta meter kubik. 

Kenaikan tersebut didorong oleh meningkatnya permintaan dari sektor medis sebesar 54% secara yoy. Selain itu, segmen ritel yang menggambarkan permintaan gas industri secara lebih luas juga mulai mengindikasikan outlook yang positif dengan tumbuh 15% secara yoy.

Baca Juga: Menguat hari ini, simak proyeksi IHSG dan rekomendasi saham untuk Rabu (4/8)

Pada kuartal kedua 2021 kemarin, AGII diproyeksikan masih akan dapat melanjutkan kinerja cemerlangnya. Analis Erdikha Elit Sekuritas Regina Fawziah menilai, pada periode tersebut terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang besar dan membuat bed occupancies rate (BOR) di berbagai rumah sakit juga menyentuh level tertingginya. Artinya permintaan dari sektor medis bisa berpotensi jauh lebih tinggi dibanding kuartal pertama 2021.

Regina menambahkan, AGII juga memiliki jasa dan peralatan kesehatan yang meliputi penjualan dari jasa instalasi, peralatan dan teknologi untuk pelanggan sektor kesehatan. Oleh karena itu, selama kasus Covid-19 masih cukup tinggi maka hal tersebut bisa menjadi katalis positif tambahan bagi AGII.

“Selain itu, AGII juga telah menjalin kerja sama dengan PT Timah Tbk (TINS) untuk menyediakan pasokan gas untuk kebutuhan operasional smelternya selama 12 tahun. Jadi ini akan mendorong pertumbuhan penjualan yang nantinya bisa berdampak juga ke bottom line AGII,” kata Regina kepada Kontan.co.id, Rabu (4/8).

Baca Juga: Begini prediksi pergerakan IHSG untuk Rabu (4/8)

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
The Hybrid Salesperson The New Way to Sell in The New Era Certified Supply Chain Manager (CSCM) Batch 2

[X]
×