kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Menguat hari ini, simak proyeksi IHSG dan rekomendasi saham untuk Rabu (4/8)


Selasa, 03 Agustus 2021 / 18:24 WIB
Menguat hari ini, simak proyeksi IHSG dan rekomendasi saham untuk Rabu (4/8)
ILUSTRASI. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,56% ke level 6.130,571 pada perdagangan Selasa (3/8).

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,56% ke level 6.130,571 pada perdagangan Selasa (3/8). Bersamaan, investor asing mencatatkan aksi beli bersih (net buy) sebesar Rp 200,77 miliar di pasar reguler.

Analis Erdikha Elit Sekuritas Regina Fawziah menyebut, katalis domestik yang masih mendorong pergerakan IHSG hari ini salah satunya terkait perkembangan kasus Covid-19 yang cenderung menurun. Per tanggal 2 Agustus 2021, kasus positif harian rata-rata sebesar 38.295 orang per hari. 

Angka tersebut turun dibandingkan rerata tujuh hari sebelumnya yang mencapai 40.429 orang per hari. Meskipun demikian jumlah tersebut tergolong masih cukup tinggi dibandingkan dengan periode sebelum Juni yang bahkan sempat berada di bawah 10.000 kasus per hari.

Untuk perdagangan Selasa (3/8), Regina menilai pasar akan minim rilis data ekonomi yang dapat mempengaruhi indeks secara signifikan. Sehingga investor akan cenderung merespon perkembangan kasus Covid-19 di domestik. Pasar juga akan merespon proyeksi pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) kuartal ketiga 2021 yang diproyeksikan tumbuh positif 3% secara kuartalan dan tumbuh 6,57% secara tahunan.

Baca Juga: Data ekonomi AS kembali menurun, kurs rupiah menguat

“Meskipun proyeksi ini cenderung lebih rendah dibandingkan dengan proyeksi sebelumnya, menurut kami masih akan menjadi salah satu katalis positif bagi indeks karena pada akhirnya Indonesia bisa keluar dari zona resesi ,sehingga wajar apabila diapresiasi oleh market nanti,” terang Regina kepada Kontan.co.id, Selasa (3/8).

Dari eksternal, ada beberapa data ekonomi yang perlu diperhatikan oleh para pelaku pasar seperti rilis data cadangan minyak mentah dan gasoline Amerika Serikat (AS) yang diproyeksikan masih akan menurun namun lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Masih dari Negeri Paman Sam, akan rilis data terkait ISM Non-Manufacturing yang diproyeksikan akan sedikit meningkat menjadi 60,5 dari sebelumnya 60,1.

Dari Eropa, akan ada rilis terkait data Markit Service dan Composite PMI Final Jerman selama bulan Juli yang proyeksinya cukup meningkat dibandingkan dengan sebelumnya.

Baca Juga: IHSG naik ke 6.130 pada Selasa (3/8), BBCA, ASII, KLBF paling banyak dibeli asing

Berdasarkan beberapa katalis tersebut, Regina memproyeksikan IHSG pada hari Rabu (4/8/) akan bergerak pada range level support 6.097 dan level resistance 6.168.

Sementara itu, Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menilai, sebenarnya bursa masih minim sentimen. Dari sisi domestik, pelaku pasar masih berkutat dengan penanganan Covid dan  pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang diperpanjang. Sementara dari eksternal, pelaku pasar juga masih mencermati penyebaran Covid-19 varian delta.

“IHSG diperkirakan berpeluang bergerak menguat dengan rentang 6.080-6.150,” terang Herditya kepada Kontan.co.id, Selasa (3/8). Untuk besok, investor bisa mencermati saham PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA), PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII), PT Panin Dubai Syariah Bank (PNBS), dan PT PT Bank IBK Indonesia Tbk (AGRS).

Baca Juga: IHSG menguat 0,56% ke 6.130 pada perdagangan Selasa (3/8)

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×