kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ratu Prabu Energi (ARTI) akan private placement 14,87 miliar saham


Jumat, 23 Juli 2021 / 18:50 WIB
Ratu Prabu Energi (ARTI) akan private placement 14,87 miliar saham


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ratu Prabu Energi Tbk (ARTI) berencana melakukan penambahan modal tanpa memberikan hak memesan efek terlebih dahulu  (PMTHMETD) atau private placement.

Dalam aksi korporasi ini, ARTI akan menerbitkan sebanyak 14.869.157.873 saham seri C, masing-masing bernilai nominal Rp 50. Jumlah ini setara  65,48% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah private placement.

Dalam keterangannya di laman Bursa Efek Indonesia, Jumat (23/7), manajemen ARTI mengatakan, penerbitan saham baru ini berkaitan dengan kondisi ARTI, dimana Perseroan mempunyai modal kerja bersih negatif dan mempunyai liabilitas melebihi 80% dari aset.

Selain itu, private placement ini dilakukan juga dalam rangka restrukturisasi utang dalam group perseroan.

Baca Juga: Ini deretan emiten yang memiliki ekuitas negatif pada laporan keuangan terakhir

Pada  31 Maret 2021, ARTI, PT Lekom Maras, PT Ratu Prabu, Burhanuddin Bur Maras, dan Derek Prabu Maras telah menandatangani surat perjanjian pokok restrukturisasi utang dengan tujuan untuk mengatur skema restrukturisasi utang. Secara garis besar, skema restrukturisasi utang dijelaskan seperti berikut.

Pertama, ARTI akan melakukan pembayaran utang kepada PT Ratu Prabu sebesar Rp 46,97 miliar dengan cara konversi utang menjadi saham yang merupakan bagian dari rencana private placement.

Kedua, ARTI menggantikan kedudukan PT Lekom Maras sebagai debitur atas utang sebesar Rp 696,47 miliar kepada PT Ratu Prabu dengan cara novasi (pembaharuan) utang subjektif pasif sesuai dengan perjanjian novasi tanggal 31 Maret 2021. Selanjutnya ARTI akan melakukan pembayaran utang tersebut kepada PT Ratu Prabu dengan cara konversi utang menjadi saham yang juga merupakan bagian dari private placement.

“Dengan demikian, Perseroan merencanakan untuk melakukan konversi atas utang-utang kepada PT Ratu Prabu dengan total sebesar Rp 743,45 miliar  menjadi penyertaan saham melalui mekanisme PMTHMETD dengan menerbitkan saham seri C dengan nominal Rp 50,” tulis manajemen ARTI.

Baca Juga: BEI membuka suspensi saham Ratu Prabu Energi (ARTI)

Dengan restrukturisasi ini, ekuitas  emiten yang bergerak di sektor produksi dan jasa penunjang industri pertambangan minyak, gas bumi serta energi  ini akan mengalami peningkatan dan dapat menurunkan debt to equity ratio yang diharapkan dapat memperkuat struktur permodalan.

Atas transaksi ini, pemegang saham lain akan mengalami dilusi hingga 65,48%. Untuk melancarkan aksi korporasi ini, ARTI akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 31 Agustus 2021 mendatang. 

Selanjutnya: Ratu Prabu (ARTI) bisa kantongi laba meski pendapatannya anjlok di semester I

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×