kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Rampung akuisisi Ophir Energy, saham Medco (MEDC) kian menarik


Kamis, 23 Mei 2019 / 21:24 WIB

Rampung akuisisi Ophir Energy, saham Medco (MEDC) kian menarik


KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Pasca melakukan aksi korporasi dengan melakukan akusisi terhadap Ophir Energy plc, saham PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC).

Pasalnya, akuisisi Ophir diklaim dapat meningkatkan portofolio Medco Energi dan semakin memantapkan posisi perseroan sebagai perusahaan minyak dan gas bumi. Selain itu, perseroan memproyeksikan kenaikan produksi di 2019 sebesar 29% atau 110 mboepd.

Menanggapi kondisi tersebut, Analis Jasa Utama Capital Sekuritas, Chris Apriliony mengatakan, aksi koporasi tersebut akan membuat saham MEDC semakin menarik. Menurutnya, potensi dari peningkatan laba atas akuisisi tersebut bisa mencapai 29% berdasarkan perhitungan MEDC.

“Diversifikasi bisnis dari MEDC juga membuat saham ini kian menarik dan akan menjadikan sentimen dalam jangka pendek. Rekomendasi MEDC BUY dengan target harga sebesar Rp 1.200 per saham,” ujar Chris kepada Kontan, Kamis (23/5).

Sekadar mengingatkan, MEDC menyelesaikan akuisisi terhadap seluruh penawaran tunai yang direkomendasikan dengan nilai sebesar £ 408,4 juta. Asal tahu saja, Medco Energi merilis panduan operasional 2019 dimana proyeksi biaya tunai per unit untuk minyak dan gas bumi akan dipertahankan di bawah US$ 10 per barel oil equivalent (boe).

Medco Power Indonesia juga akan menghasilkan penjualan daya sebesar 2,85 ribu GWh. Perseroan menyiapkan pro-forma belanja modal maksimum US$ 400 juta. Perseroan juga memproyeksikan target hutang bersih terhadap EBITDA tetap 3,0x atau lebih rendah pada harga pertengahan siklus.

Berdasarkan data RTI, pada perdagangan hari ini, Kamis (23/5), saham MEDC ditutup menguat 2,52% ke level 815 per saham.


Reporter: Yusuf Imam Santoso

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×