kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rajin Ekspansi, Berikut Rekomendasi Saham Mitra Keluarga (MIKA)


Kamis, 27 Oktober 2022 / 21:13 WIB
Rajin Ekspansi, Berikut Rekomendasi Saham Mitra Keluarga (MIKA)
ILUSTRASI. Rumah Sakit Mitra Keluarga. PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) giat melakukan ekspansi tahun ini untuk meningkatkan kinerjanya.


Reporter: Aris Nurjani | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja emiten rumah sakit tahun ini tak semoncer tahun lalu. PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) pun giat melakukan ekspansi tahun ini untuk meningkatkan kinerjanya.

Analis Henan Putihrai Sekuritas Jono Syafei menilai, kinerja emiten kesehatan saat ini sudah tidak seperti tahun lalu. Sebab di tahun lalu ada lonjakan Covid-19.

"Walaupun kinerja pendapatan dan laba tidak setinggi tahun 2020-2021, tetapi rata-rata kinerja emiten sektor kesehatan tahun 2022 ini lebih baik dari tahun 2019 (pre Covid) yang berarti bisnis dasar kesehatan terus bertumbuh." ujarnya kepada Kontan.co.id, Kamis (27/10).

Investment Analyst Stockbit Hendriko Gani juga menyebut, kinerja emiten rumah sakit dan lab tahun ini berpotensi stagnan atau hanya mengalami sedikit peningkatan.

"Walaupun jumlah tes lab ataupun okupansi dari rumah sakit berpotensi meningkat, tapi rata-rata spending pasien Covid-19 tahun lalu itu cenderung lebih besar daripada pasien dari penyakit lainnya," jelasnya.

Baca Juga: Masih Prospektif Pasca Pandemi, Saham Emiten Kesehatan Berikut ini Menarik Dilirik

Jono mengatakan pendapatan MIKA pada saat Covid-19 berkontribusi 2,5% pada kuartal II 2022, jika dibandingkan dengan kuartal I 2022 dan kuartal II 2021 sebesar 11% dan 37%.

Analis JP Morgan Henry Wibowo mengatakan percaya kinerja MIKA masih akan positif berdasarkan pendapatan yang rebound di kuartal III 2022, dan ekspansi lanjutan transformasi dari rumah sakit ibu dan anak menjadi rumah sakit umum.

Jono menambahkan, ke depannya Covid-19 seharusnya sudah tidak berdampak signifikan, karena kebutuhan akan pelayanan kesehatan yang memadai sudah menjadi kebutuhan, sehingga emiten-emiten di sektor kesehatan dalam jangka panjang akan terus bertumbuh.

Ia melihat MIKA memiliki neraca yang kuat dan memungkinkan untuk melakukan ekspansi secara lebih agresif baik dengan meningkatkan kapasitas maupun menambah spesialisasinya.

Pada semester I 2022, MIKA telah mengeluarkan belanja modal sebesar Rp 300 miliar. Sisa anggaran Rp 750 miliar untuk tahun ini akan dimanfaatkan untuk lebih mendukung rencana ekspansinya.

Antara lain, pengembangan dari Radiotherapy center di MIKA Bekasi Timur (Agustus 2022), Sport injury center di MIKA Cibubur (Agustus-September 2022), MIKA Pamulang (November 2022) dan MIKA Slawi (kuartal IV 2022).

Menurut Jono, tahun depan direncanakan MIKA akan membuka 3 rumah sakit baru di Jabodetabek, Surabaya dan Jawa Barat. Ia juga melihat bahwa pengembangan kawasan industri di Jawa Tengah sebagai peluang karena permintaan layanan kesehatan yang lebih tinggi.

Jono merekomendasikan buy saham MIKA dengan dengan target harga Rp 3.300 per saham. Sementara Henry merekomendasikan overweight saham MIKA dengan target harga Rp 3.100 per saham.

Baca Juga: Tambah Jaringan Rumah Sakit, Cek Rekomendasi Saham Mitra Keluarga (MIKA)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×