kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Punya prospek menarik, ini rekomendasi saham Bank Jago (ARTO)


Rabu, 19 Mei 2021 / 15:29 WIB
Punya prospek menarik, ini rekomendasi saham Bank Jago (ARTO)
ILUSTRASI. Logo Bank Jago (ARTO)


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kehadiran Bank Jago Tbk (ARTO) sebagai bank digital dinilai akan mempunyai prospek yang menarik di masa depan. Layanan berbasis digital, miliki jangkauan luas, potensi kerjasama dengan pelaku e-commerce, hingga manajemen yang dinilai kompeten menjadi nilai jual bagi ARTO. 

Analis Ciptadana Sekuritas Erni Marsella Siahaan dalam risetnya pada 17 Mei 2021 mengatakan, kerjasama ARTO dengan Gojek, membuat perusahaan masuk ke industri perbankan dengan menawarkan solusi finansial yang lengkap. Baik pada end-user (pengguna) maupun pelaku usaha pada ekosistem digital. 

Bahkan, ke depan ARTO juga membuka peluang untuk terus bekerjasama dengan pelaku e-commerce lainnya.

Selain itu, ARTO juga dinilai punya jajaran direksi yang mumpuni dan sudah teruji kemampuan dan pengalamannya. Dipimpin oleh Jerry Ng, seorang bankir berpengalaman yang sudah sukses menghadirkan beragam inovasi pada sektor perbankan. Sementara anggota direksi lainnya juga sudah diakui kemampuannya pada sektor digital.

“Oleh karena itu, kami memandang ARTO sebagai bank digital sudah dilengkapi berbagai hal yang membuat mereka sebagai pesaing yang kuat pada industri perbankan,” tulis Erni dalam risetnya. 

Baca Juga: Merger Gojek dan Tokopedia bakal bikin Bank Jago kian bertaji

Dia menambahkan, dengan demografi Indonesia saat ini yang mayoritas diisi generasi muda, yakni Gen X, millennial, dan Gen Z juga akan menjadi katalis positif untuk ARTO. Pasalnya, kelompok tersebut cenderung memilih pemain perbankan baru yang menawarkan layanan yang mudah, praktis dan gratis. 

Selain itu, penyaluran kredit pada Usaha Kecil Menengah (UKM) juga punya potensi yang luar biasa. Erni menilai, bank digital seharusnya mampu masuk ke pangsa tersebut, seiring dengan kemampuan mengurangi banyak biaya dan pada akhirnya menjadi game changer pada lanskap kredit Indonesia.

Lebih lanjut, Erni melihat ARTO pada tahun ini dan di tahun depan hanya akan mendapatkan keuntungan marjinal karena masih membangun biaya operasionalnya. Di satu sisi, ekspansi pinjaman ke pengguna baru dimulai pada tahun ini dan pinjaman ke UKM baru pada tahun depan. 

“Kami mengekspektasikan net interest margin (NIM) ARTO akan berada pada high single digit. Sementara untuk cost of credit (CoC), ARTO seharusnya bisa menjaganya seiring diuntungkan dengan database mereka yang besar,” imbuh Erni.

Dia memperkirakan, ROE ARTO pada tahun ini masih akan berada di kisaran 0,2%. Namun, secara jangka menengah akan terus mengalami kenaikan hingga lebih dari 20%.

 

Ciptadana Sekuritas pun memberi rekomendasi beli untuk saham ARTO dengan target harga Rp 16.200 per saham. Target harga tersebut berasal dari regresi antara PE, CAGR penghasilan 4 tahun, risiko yang diukur dengan beta, dan pembayaran dividen.

“Kami meyakini ARTO akan menjadi salah satu bank digital yang sukses memenangkan market share seiring didukung oleh platform digital yang kuat, ekosistem digital yang lengkap, serta punya manajemen yang handal,” pungkas Erni.

Pada perdagangan hari ini, saham ARTO ditutup melemah 3,55% ke level Rp 10.200 per saham.

Selanjutnya: Miliki potensi besar, Sucor Sekuritas rekomendasikan beli saham Bank Jago (ARTO)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×