kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prospek Lautan Luas (LTLS) Dipangkas Jadi Stabil dari Positif


Selasa, 26 Maret 2024 / 03:30 WIB
Prospek Lautan Luas (LTLS) Dipangkas Jadi Stabil dari Positif
ILUSTRASI. PT Lautan Luas Tbk (LTLS).


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) merevisi prospek atas peringkat PT Lautan Luas Tbk (LTLS) menjadi stabil dari sebelumnya positif. Pada saat yang sama, Pefindo menegaskan peringkat idA untuk LTLS dan obligasi berkelanjutan III. 

"Revisi prospek ini mencerminkan pandangan kami bahwa tingkat leverage perusahaan ini tidak akan mengalami perbaikan yang signifikan seperti yang kami perkirakan pada tahun sebelumnya," ujar Aishantya Analis Pefindo. Hal ini dipicu oleh proyeksi pertumbuhan pendapatan dan EBITDA yang lebih bersifat organik di tengah fluktuasi harga dan tekanan pada volume penjualan. 

Di sisi lain, Pefindo memperkirakan tingkat utang LTLS dapat mengalami peningkatan untuk memenuhi kebutuhan belanja modal yang signifikan, sehingga berpotensi menghambat perbaikan struktur permodalan dan perlindungan arus kas.

Baca Juga: Laba Bersih Lautan Luas (LTLS) Anjlok 49,86% pada Tahun 2023

Peringkat LTLS saat ini di idA mencerminkan posisi pasar LTLS yang kuat, operasi bisnis yang terintegrasi dan jaringan distribusi yang baik, serta manajemen operasional yang baik. Peringkat ini akan dibatasi oleh kebutuhan belanja modal yang besar dan sensitivitas terhadap perubahan kondisi makro ekonomi.

Peringkat dapat dinaikkan jika LTLS terus melakukan penurunan tingkat utang, yang diikuti dengan meningkatkan capaian pendapatan dan EBITDA secara berkelanjutan, sehingga menghasilkan leverage keuangan yang lebih konservatif. Di lain sisi, peringkat LTLS dapat diturunkan jika arus kas terus melemah secara substansial akibat kinerja bisnis yang lebih rendah dari ekspektasi. Selain itu, rencana perusahaan ini menarik utang yang lebih tinggi dari proyeksi tanpa diimbangi dengan peningkatan yang signifikan dalam profil bisnisnya juga bisa memperburuk peringkat LTLS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×