kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Private placement, Dian Swastatika (DSSA) bakal undang investor strategis


Kamis, 09 Desember 2021 / 12:01 WIB
Private placement, Dian Swastatika (DSSA) bakal undang investor strategis
ILUSTRASI. Dian Swastatika Sentosa (DSSA) akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 10% dari modal disetor.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Dian Swastatika Sentosa (DSSA) berencana menggelar penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement. Emiten grup Sinarmas ini akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 10% dari jumlah seluruh saham yang ditempatkan dan disetor.

Ini berarti, DSSA akan menerbitkan 770,55 juta saham dengan nilai nominal Rp 25 apabila private placement digelar setelah pelaksanaan pemecahan nilai saham atau stock split. Atau, DSSA akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 77,05 juta saham dengan nilai nominal Rp 250 apabila private placement digelar sebelum atau tanpa stock split. Adapun DSSA berencana untuk melakukan stock split dengan perbandingan 1:10.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Kamis (9/12), Dian Swastatika menyebut masih menjajaki kemungkinan untuk mengundang investor strategis untuk berinvestasi dalam private placement ini.

Baca Juga: Simak rekomendasi saham AKR Corporindo (AKRA) dan Dian Swastatika (DSSA) berikut ini

Sehingga, DSSA belum dapat mengumumkan jumlah dana yang dihimpun melalui aksi korporasi ini. Pun demikian dengan alokasi dana yang akan digunakan untuk pengembangan usaha, maupun pembayaran utang kepada kreditur, termasuk menentukan fasilitas pinjaman spesifik yang dibayarkan. DSSA juga belum mengumumkan perihal investor strategis yang dimaksud.

Usaha dan proyek-proyek baru yang rencananya akan dikembangkan dan dibiayai oleh DSSA melalui entitas anak diantaranya pengembangan usaha energi terbarukan dan usaha teknologi. Namun saat ini DSSA belum menentukan entitas anak yang akan menerima hasil penambahan modal.

Adapun alasan di balik penyelenggaraan private placement ini diantaranya untuk mendapatkan dana tambahan untuk mendukung pengembangan usaha, memperkuat struktur permodalan, dan meningkatkan likuiditas saham DSSA.

Baca Juga: Tambah Modal, DSSA (Dian Swastatika Sentosa) Agendakan Private Placement

Dengan private placement ini pula, DSSA dapat mengundang investor strategis yang berminat menanamkan modalnya di DSSA. DSSA juga akan mendapatkan tambahan dana yang nantinya mendukung untuk melakukan pengembangan usaha dan memperkuat struktur permodalan, sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi pemegang saham.

“Kami akan memperoleh tambahan dana segar yang bebas beban bunga dan agunan dari investor baru,” tulis manajemen Dian Swastatika. Selain itu, jumlah saham DSSA yang beredar juga akan bertambah sehingga meningkatkan likuiditas.

Aksi korporasi ini menyebabkan efek dilusi kepemilikan sebanyak-banyaknya 9,09% terhadap pemegang saham. Untuk memuluskan rencana ini, DSSA akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 22 Desember 2021 mendatang. 

Baca Juga: Lewat Anak Usaha DSSA, Sinarmas Kembali Caplok Perusahaan Batubara di Austalia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×