kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prediksi IHSG Hari Ini (26/11) Turun, Cek Pilihan Saham Analis Untuk Dapatkan Cuan


Senin, 26 Desember 2022 / 07:49 WIB
Prediksi IHSG Hari Ini (26/11) Turun, Cek Pilihan Saham Analis Untuk Dapatkan Cuan
ILUSTRASI. Prediksi IHSG Hari Ini (26/11) Turun, Cek Pilihan Saham Analis Untuk Dapatkan Cuan


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Senin 26 Desember 2022 berpotensi turun kembali. Simak rekomendasi saham pilihan untuk mendapatkan cuan pada perdagangan hari ini.

Prediksi IHSG hari ini kembali melemah melanjutkan tren negatif pada perdagangan sebelumnya. Pada Jumat 23 Desember 2022, IHSG ditutup melemah 0,35% ke level 6.800,67.

Prediksi IHSG hari ini rawan terkoreksi karena sejumlah faktor. Salah satunya karena lesunya pelaku pasar. Di sisi lain, tren perdagangan di bursa saham pada pekan terakhir sebelum tutup tahun cenderung sepi.

Analis Phintraco Sekuritas Rio Febrian menilai, secara teknikal, penyempitan slope stochastic RSI di overbought area menjadikan IHSG rawan koreksi lanjutan pada perdagangan Senin (26/12). Terbentuknya pola doji star memperkuat kondisi tersebut.

Menurut Rio, sinyal kuat window dressing belum terlihat. Volume transaksi cenderung turun di akhir pekan ini justru mengindikasikan potensi konsolidasi di pekan terakhir Desember 2022.

Meski demikian, potensi rebound IHSG ke kisaran 6.900-6.950 masih terbuka, terlebih jika kecenderungan aksi beli alias net buy investor asing berlanjut pada pekan depan.

Baca Juga: Intip Rekomendasi Saham di Pekan Terakhir 2022

Faktor lain yang diperkirakan mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini  adalah hari perdagangan yang lebih pendek di pekan depan karena ada libur Natal dan boxing day di mayoritas negara Eropa dan AS pada Senin (26/12).

“Tanpa ada arahan Wall Street dan mayoritas indeks Eropa di awal pekan berpotensi meningkatkan kecenderungan wait and see pelaku pasar di Indonesia,” kata Rio kepada Kontan.co.id, Minggu (25/12).

Proyeksi Rio, IHSG akan bergerak dengan support 6.720 dan resistance 6.880 pada perdagangan Senin (26/12).

Saham-saham LQ45 diperkirakan menjadi fokus pelaku pasar di Senin (26/12) dan pekan terakhir 2022 ini. Saham yang berpotensi menjadi fokus investor antara lain saham perbankan besar seperti PT Bank Central Asia Tbk  (BBCA), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI),  PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT. Bukalapak.com Tbk (BUKA) dan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP).

Analis Panin Sekuritas Christian Anderson Yuwono mengatakan, investor akan mencerna rilis data ekonomi Amerika Serikat (AS), seperti personal consumption expenditure (PCE) untuk melihat arah inflasi, serta personal income.

Sementara dari dalam negeri, IHSG akan dipengaruhi sentimen melambatnya aksi perdagangan menjelang perayaan Natal dan tahun baru. Proyeksi dia, IHSG akan bergerak di rentang support 6.682 dan resistance di 6.850 pada perdagangan Senin (26/11). Saham yang bisa dicermati antara lain PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS), PT Bumi Resources Tbk (BUMI), dan PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC).

Baca Juga: IHSG Diproyeksi Turun pada Perdagangan Senin (26/12)

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova melihat, dengan pergerakan IHSG yang relatif terbatas dan cenderung konsolidasi di bawah MA20 mengindikasikan belum terlihatnya aksi beli yang signifikan akibat dari minimnya sentimen pendorong.

“Namun apabila pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) jadi dihentikan, maka hal ini bisa saja jadi salah satu katalis bagi pelaku pasar untuk lebih berani melakukan akumulasi kembali di instrumen saham setelah tekanan jual yang terjadi sebelumnya,” kata Ivan, Minggu (25/12).

Dia prediksi IHSG akan bergerak di rentang support 6.750 dan resistance 6.866. Saham yang bisa dicermati antara lain PT Sarana Menara Nusantara Tbk  (TOWR), PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk  (TKIM), BBCA, dan PT PP Tbk (PTPP).

Itulah prediksi IHSG dan rekomendasi saham pilihan untuk trading hari ini, Senin 26 Desember 2022. Ingat disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×