kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45864,71   3,05   0.35%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prajogo Pangestu Punya Harta Rp 1.134 Triliun, Lima Sahamnya Kuasai Hampir 20% Bursa


Sabtu, 18 Mei 2024 / 09:51 WIB
Prajogo Pangestu Punya Harta Rp 1.134 Triliun, Lima Sahamnya Kuasai Hampir 20% Bursa
Prajogo Pangestu Punya Harta Rp 1.134 Triliun, Lima Sahamnya Kuasai Hampir 20% Bursa


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah saham milik konglomerat Prajogo Pangestu berhasil menembus rekor harga tertinggi (all time high) pada pekan ini. Capaian itu mendongkrak kapitalisasi pasar (market cap) emiten Prajogo hingga "menguasai" Bursa Efek Indonesia (BEI).

PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) masih membetot perhatian publik dengan level harga yang sudah menyentuh Rp 10.750. BREN kokoh di puncak emiten dengan market cap terbesar di BEI, senilai Rp 1.438,20 triliun.

Saudara sekandung BREN, PT Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA) ikut melejit dan menjadi emiten dengan market cap terbesar ketiga senilai Rp 787,26 triliun. Lompatan harga juga dialami tiga saham Prajogo lainnya: PT Barito Pacific Tbk (BRPT), PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) dan PT Petrosea Tbk (PTRO).

Baca Juga: Jadi Orang Terkaya ke-23 di Dunia, Kenaikan Kekayaan Prajogo Pangestu Tak Terbendung

Hingga perdagangan kemarin, BRPT memiliki market cap senilai Rp 125,62 triliun, CUAN punya market cap Rp 95,56 triliun, dan nilai kapitalisasi pasar PTRO sebesar Rp 8,98 triliun. 

Hitungan Kontan.co.id, market cap gabungan dari lima saham Prajogo Pangestu ini menyentuh Rp 2.455,62 triliun. Jumlah itu setara dengan 19,77% atau nyaris seperlima dari total market cap emiten di BEI sebesar Rp 12.420 triliun hingga akhir pekan ini. 

Lonjakan signifikan saham-saham itu menjadikan Prajogo sebagai konglomerat dengan peningkatan harta tertinggi di dunia. Merujuk Forbes, total kekayaan Prajogo menembus US$ 71,1 miliar hingga Jum'at (17/5).

Kekayaan taipan berusia 80 tahun ini setara dengan Rp 1.134,4 triliun, dengan asumsi kurs Rp 15.960 per dolar Amerika Serikat. Selain berada di puncak konglomerat terkaya di Indonesia, Prajogo  menjadi taipan terkaya ke-23 di dunia.

Baca Juga: Petrindo Jaya Kreasi (CUAN) Milik Prajogo Pangestu Akuisisi Tambang Batubara Lagi

Cuan Prajogo juga mengalir ke pasar saham, yang datang dalam wujud lonjakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).  Punya bobot yang jumbo, kenaikan saham-saham Prajogo signifikan mendongkrak IHSG yang selama pekan ini mengakumulasi penguatan 3,22% ke level 7.317,23.

Secara bersamaan, pesta pora saham Prajogo membawa rotasi di jajaran konglomerasi penguasa bursa. Tanpa menghitung emiten plat merah, BEI masih dikuasai segelintir emiten dari grup konglomerasi.

Di jajaran top market cap, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dari Grup Djarum bertenggar di posisi kedua. Kemudian ada PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) kepunyaan Grup Salim.

Selanjutnya ada PT Bayan Resources Tbk (BYAN) milik Low Tuck Kwong, dan PT Astra International Tbk (ASII) dari grup konglomerasi Astra yang masih bertahan di 10 top market caps BEI.

Baca Juga: Prajogo Pangestu Penguasa Bursa

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih mengamati rotasi saham di jajaran top market cap cukup volatile sejak April 2024. Saham bank big caps merosot imbas aksi profit taking dan kinerja yang cenderung di bawah ekspektasi.

"Posisi kapitalisasi pasar big banks bergeser setelah lama menempati urutan teratas," kata Ratih kepada Kontan.co.id, Jum'at (17/5).

Sementara itu, saham Prajogo terus menanjak. Dorongan datang dari sejumlah sentimen positif yang mengiringi, termasuk dari aksi akuisisi dan masuknya TPIA menjadi konstituen baru Indeks Standar Global Morgan Stanley Capital International (MSCI). 




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×