kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45995,71   -11,93   -1.18%
  • EMAS988.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Ping An Group semakin dekat dengan NOBU


Selasa, 09 November 2021 / 08:39 WIB
Ping An Group semakin dekat dengan NOBU
ILUSTRASI. Aplikasi Nobuneo dari NobuBank.


Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saham PT Bank Nationalnobu Tbk (NOBU) kemarin bergerak lincah. Saham bank milik Grup Lippo ini menguat 10,88% ke level Rp 1.070 per saham. Kenaikan tersebut hampir menyamai kenaikan harga selama satu pekan terakhir, sebesar 11,46%.

Kenaikan harga tersebut lantaran beredar kabar NOBU semakin dekat raksasa finansial asal Tiongkok, Ping An Group. Sumber Kontan.co.id yang menolak disebutkan namanya mengatakan, Ping An tengah bernegosiasi dengan NOBU untuk mengambil sebagian saham sehingga keduanya bisa berkolaborasi menjalankan bisnis.

Seperti kebanyakan bank, NOBU turut ambil bagian untuk bertransformasi sebagai bank digital. Namun, diperlukan modal inti minimal Rp 10 triliun untuk mendirikan bank baru, baik itu bank tradisional maupun bank digital. Ketentuan ini tertuang dalam Peraturan OJK Nomor 12 tentang Bank Umum.

Baca Juga: Temasek Makin Rajin Melego Saham MPPA, Untung Atau Buntung?

Artinya, NOBU perlu meningkatkan modal inti. Perusahaan bisa menambahnya dengan skema rights issue atau mengajak investor baru masuk.

Pada saat yang bersamaan, NOBU tengah memproses rights issue. Bank ini telah memperoleh persetujuan pemegang saham terkait rencana rights issue pada 24 September kemarin. NOBU rencananya bakal melepas maksimal 500 juta saham dengan rasio 27:1 dalam aksi korporasi tersebut.

 

 

PT Grahaputra Mandirikharisma berkomitmen menjadi pembeli siaga atawa standby buyer. Perusahaan yang masih terafiliasi dengan Grup Lippo namun tidak memiliki saham NOBU ini berencana menyetorkan modal berupa uang tunai Rp 5,1 miliar dan Rp 193 miliar berupa aset. Setelah transaksi, Grahaputra Mandirikharisma akan memiliki sebanyak 164,39 juta unit saham atau setara 3,57% dari total saham dengan asumsi seluruh pemegang saham tidak melaksanakan haknya. NOBU terbuka untuk investor baru yang ingin turut menyerap saham baru.

Pemegang saham Bank Nobu per 31 saat ini antara lain, PT Kharisma Buana Nusantara sebanyak 22,53%, PT Prima Cakrawala Sentosa sebanyak 19,58%, OCBC Securities sebanyak 11,74%, Nomura Securities sebanyak 10%, PT Lippo General Insurance Tbk 7,6%, dan masyarakat punya 12,15%. PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) selaku pemegang 16,4% saham Bank Nobu sudah menyatakan tidak mengambil haknya untuk membeli saham baru tersebut.

Baca Juga: Peta juragan baru dari bank-bank kecil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×