kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45749,52   23,69   3.26%
  • EMAS920.000 0,66%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Pidato Mark Carney memicu sterling berbalik arah


Minggu, 01 Oktober 2017 / 18:52 WIB
Pidato Mark Carney memicu sterling berbalik arah

Berita Terkait

Reporter: Tane Hadiyantono | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Akhir perdagangan pekan ini, pasangan GBP/JPY menunjukkan pelemahan. Pada spot perdagangan Jumat (29/9) lalu, perdagangan diututup di 150,75 yen per sterling atau koreksi 0,17% dari hari sebelumnya. Analis yakin pidato Gubernur Bank Sentral Inggris Mark Carney pasca penutupan perdagangan pekan lalu berpotensi membuat sterling rebound.

Analis Wahyu Tribowo menjelaskan valuasi yen sempat mendaki bersama dengan komoditas emas. Krisis di semenanjung Korea yang terjadi beberapa bulan terakhir nampaknya masih menjadi alasan kuat. Namun isu moneter dari bank sentral negara (BOJ) ikut mengiringi pergerakan.

"Bank of Japan tidak banyak berubah dan masih stabil soal kebijakan moneternya yang lebih dovish alias pro stimulus," jelas Wahyu saat dihubungi KONTAN, Jumat (29/9) lalu.

Menurutnya ekonomi Jepang memang menunjukkan peningkatan, namun inflasinya masih tetap rendah di 0,7%. Padahal BOJ menetapkan target yang cukup tinggi di 2%.

Sedangkan nilai sterling bakal dipengaruhi oleh pidato gubernur bank sentral Inggris (BOE) Mark Carney yang memberikan sinyal hawkish untuk meningkatkan suku bunga. Pasar bakal merespon pidato ini secara positif untuk sterling.

"Wacana Hawkish carney soal hike rate jelas menjadi pendorong baru bagi GBP yang seolah mengobati pelemahan selama ini," jelas Wahyu. Dengan demikian, isu moneter menjadi faktor dominan pergerakan sterling dan kemungkinan di perdagangan esok akan memberikan potensi rebound yang kuat.

Carney menyampaikan pidato tersebut pada Jumat malam setelah perdagangan sterling ditutup merah terhadap yen.

Wahyu menjelasakan pasangan ini telah menunjukan pergerakan grafik Moving Average mendekati MA (200). Indeks Moving Average Convergence Divergent (MACD) positif, Relative Strength Index (RSI) di level 64,89 dan Stochastic di level 80.

Dengan demikian, ia memberikan rekomendasi Buy on Weakness dengan support 149, 148,40 dan 147,70. Sedangkan resisten berada di 152, 152,60 dan 153,40.


DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×