kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45885,11   -10,08   -1.13%
  • EMAS940.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.50%
  • RD.CAMPURAN -0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perusahaan alat kesehatan, Tiga Ikhwan Medikal berencana melantai di BEI


Minggu, 16 Mei 2021 / 12:52 WIB
Perusahaan alat kesehatan, Tiga Ikhwan Medikal berencana melantai di BEI
ILUSTRASI. Perusahaan alat kesehatan, Tiga Ikhwan Medikal berencana melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Tiga Ikhwan Medikal atau dikenal dengan merek 3iMed berencana go public alias melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Direktur Keuangan Tiga Ikhwan Medikal Ridwan Zachrie mengatakan, rencana initial public offering (IPO) ini masuk dalam roadmap 3iMed di tahun ini. Namun untuk rencana pastinya masih mempertimbangkan waktu yang paling tepat.

"Melihat rilis data ekonomi Indonesia kuartal I 2021 yang masih mengalami kontraksi 0,96%, pandemi Covid-19 yang belum terselesaikan serta pemulihan ekonomi yang tengah berjalan, kami masih menganalisasi waktu paling tepat untuk go public," jelas Ridwan kepada Kontan.co.id, Minggu (16/5).

Dia yakin, go public sektor industri kesehatan ini akan sangat menarik minat publik dan investor. Mengenai nilai yang dibidik dari rencana IPO ini, serta rencana penggunaan dananya masih dalam kajian lebih lanjut.

Baca Juga: Belum ada calon emiten unicorn dalam pipeline IPO BEI

3iMed merupakan perusahaan yang relatif baru yang bergerak di bidang distribusi alat-alat kesehatan. Pada Agustus 2020, 3iMed mulai memproduksi masker kesehatan KN95 jenis bertali untuk umum, pengguna hijab dan anak-anak dengan skala besar. Disamping itu juga jenis surgical mask baik yang tali biasa dan tali untuk yang memakai hijab.

"Kinerja usaha semakin menunjukkan tren meningkat, seiring juga jaringan distribusi TIM yang cukup luas cakupannya ke wilayah Jawa dan Sumatra kemudian diperluas lagi ke wilayah cakupan ke Bali, Kalimantan dan Sulawesi," imbuh Ridwan.

Untuk jangka pendek, Tiga Ikhwan Medikal menargetkan untuk makin memperbesar distribusi produk-produk yang saat ini menjadi andalan, diantaranya masker kesehatan ke berbagai segmen baik institusi maupun retail. Untuk target jangka menengah dan panjang memiliki roadmap untuk membawa Tiga Ikhwan Medikal ini menjadi perusahaan skala industri untuk alat-alat kesehatan.

Rencana jangka menengah panjang tersebut mencakup diantaranya dengan beberapa rencana investasi ke depan untuk membangun pabrik sarung tangan medical, jarum suntik dan hospital furniture dan pengembangan lainnya.

Ridwan melihat, prospek usaha di bidang kesehatan ini cukup cerah, melihat kondisi sejak awal pandemi Covid-19 bahwa kebutuhan akan hidup sehat sertanya pentingnya ketersediaan medical equipment yang sustainable akan selalu menjadi kebutuhan jangka panjang di pasar.

"Tantangan tidak saja untuk memenuhi demand dari sisi kuantitas, namun juga bagaimana menghadirkan equipment yang berkualitas di tengah persaingan pasar domestik maupun regional," imbuhnya.

 

Selanjutnya: Harapan Duta Pertiwi bakal IPO dengan harga penawaran Rp 118 per saham

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Sukses Presentasi: Presentasi Online Yang Tidak Membosankan Batch 2

[X]
×