kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,67   -9,84   -1.07%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perhatikan saham properti dan perbankan fokus KPR


Selasa, 04 Februari 2014 / 17:08 WIB
Perhatikan saham properti dan perbankan fokus KPR
ILUSTRASI. Klik Bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id Buat Cek BSU Tahun 2022 Rp 600.000, Simak Caranya. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Sumber: TribunNews.com | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Saham-saham di sektor perbankan yang kuat di KPR  dan sektor properti diperkirakan akan tetap menjadi buruan investor mengingat potensi pertumbuhannya masih cukup besar.

Kedua sektor tersebut merupakan penggerak utama kenaikan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) saat ini. Selama bulan Januari lalu sektor finansial menguat 7,52% dan properti naik 8,01%.

Hasil riset PT Investa Saran Mandiri menyebutkan, dari sekitar 9 sektor saham di bursa, kontribusi sektor finansial mencapai 24%. Apalagi kendati di bulan Januari kemarin tingkat inflasi mencapai 1,07 %, Bank Indonesia tetap optimis tahun ini inflasi akan berada dikisaran 5% plus minus 1%. Sementara Menteri Keuangan Chatib Basri memprediksi inflasi tahunan akan berada dilevel 5,5%.

Managing Patner PT Investa Saran Mandiri Kiswoyo Adi Joe memperkirakan, penurunan inflasi akan mendorong BI Rate menurun. Dengan demikian akan memberikan ruang bagi sektor perbankan untuk menjalankan bisnisnya, baik dalam aspek kredit maupun pengelolaan dana murah.

"Sektor perbankan memiliki prospek yang sangat baik ditunjang oleh fundamental yang kuat dan tingkat inflasi yang menurun. Inflasi dan BI Rate tahun ini akan berada di kisaran 6% dan  itu sangat menguntungkan perbankan," kata Kiswoyo, Selasa (4/2).

Saham-saham perbankan terutama yang banyak menyalurkan KPR memiliki ruang pertumbuhan tinggi adalah Bank Mandiri (BMRI), Bank Rakyat Indonesia (BBRI) dan Bank Central Asia (BBCA).

Bank Mandiri yang bisnisnya sangat solid dan terdiversifikasi di berbagai sektor konsumer, UKM dan komersial, akan sangat diuntungkan oleh penurunan inflasi dan suku bunga. Apalagi kredit ke sektor konsumer Bank Mandiri yaitu KPR merupakan salah satu yang terbesar dengan pertumbuhan diatas industri.

Prospek sektor properti juga tak kalah menarik. Bulan lalu, ditengah kenaikan indeks saham 0,03%, penguatan sektor properti ini merupakan yang tertinggi yaitu 8,01%.

Tingginya penguatan sektor properti itu didorong oleh ekspektasi terhadap kenaikan pasar properti di tahun ini menyusul optimisme penurunan inflasi dan BI Rate yang menjadi acuan bunga kredit.

David Sutyanto, analis riset First Asia Capital menuturkan saat ini pergerakan saham-saham di sektor properti masih akan stabil. "Setelah Maret atau laporan keuangan kuartal I keluar pergerakan sahamnya akan semakin dinamis,” katanya, Selasa (4/2).

Menurut David, sektor properti memiliki fundamental yang kuat. Sebab permintaan akan perumahan terus tumbuh tinggi. Hanya saja, saat ini memang masih ada beberapa hambatan, terutama dari suku bunga dan aturan Bank Indonesia soal uang muka KPR. “Demand properti masih tinggi, daya beli masih ada, itu positifnya. Saat ini saja banyak properti selalu sold out,” katanya.

Michele Gabriela, analis Sucorinvest Central Gani menuturkan kinerja saham properti dalam jangka panjang sangat positif. "Kebutuhan properti yang sangat tinggi dan sentimen penurunan suku bunga serta inflasi akan menjadikan sektor properti semakin menarik," ujar Michelle, Selasa (4/2).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×