kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45943,04   1,90   0.20%
  • EMAS1.042.000 1,26%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Penyebab investor memburu saham bank hari ini


Senin, 05 Juni 2017 / 19:13 WIB
Penyebab investor memburu saham bank hari ini


Reporter: Klaudia Molasiarani | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat tipis pada penutupan perdagangan, Senin (5/6). Sektor perbankan pun memimpin penguatan sebesar 0,62% seiring kinerja 10 bank besar Indonesia yang berhasil mencetak laba hingga 17% per April 2017.

Mengutip RTI, IHSG terkerek 0,1% ke level 5.748,235 Tercatat, volume transaksi mencapai 8,77 miliar saham dengan nilai Rp 6,94 triliun. Riska Afriani, Analis OSO Sekuritas menilai perdagangan hari ini didominasi oleh aksi beli investor domestik.

“Secara keseluruhan, investor asing masih terus melakukan net sell,” kata Riska kepada KONTAN, Senin (5/6). Investor asing mencatat net sell Rp 170,81 miliar di pasar keseluruhan, meski di pasar reguler masih net buy Rp 36 miliar.

Menurutnya, investor asing masih bersikap wait and see sampai pertemuan bank sentral AS Federal Reserve 13-14 Juni mendatang. Meski diliputi spekulasi The Fed akan menaikkan bunga pada Juni ini, investor asing masih belum akan agresif mencatat transaksi di pasar berisiko.  

Adapun sektor keuangan yang memimpin penguatan hari ini, kata Riska, tak lepas dari kinerja perbankan yang mengarah pada tren perbaikan.

“Kinerja perbankan pada kuartal I-2017 lebih tinggi dibandingkan kuartal I-2016,” ungkapnya. Dia bilang, tahun ini, sektor perbankan sudah mulai gencar meningkatkan penyaluran kredit.

Aksi perbankan tersebut bakal berdampak pada meningkatnya laba bersih yang ditopang oleh meningkatnya pendapatan bunga. “Pendapatan bunga meningkat karena penyaluran kredit juga ikut meningkat,” imbuhnya. Tumbuhnya penyaluran kredit itu mencerminkan daya beli masyarakat yang mulai membaik seiring adanya perbaikan ekonomi Tanah Air.

Tercatat, saham BBCA, BBRI, BMRI, dan BBNI menjadi penggerak IHSG hari ini yang masing-masing menguat 1%, 1,86%, 0,60%, dan 0,39%. Meski saham-saham emiten perbankan sudah naik cukup signifikan, Riska memprediksi masih ada peluang kenaikan dengan range yang terbatas.

Sementara itu, dia memproyeksi IHSG besok Selasa (6/6) akan bergerak pada range 5.720 hingga 5.776. Pelaku pasar bakal menanti rilis data cadangan devisa Indonesia pada Kamis (8/6) mendatang.


Sektor Perbankan Topang Penguatan IHSG Hari Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×