kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pendapatan Surya Citra Media (SCMA) turun 13,73% hingga kuartal ketiga 2020


Jumat, 30 Oktober 2020 / 18:54 WIB
Pendapatan Surya Citra Media (SCMA) turun 13,73% hingga kuartal ketiga 2020
ILUSTRASI. Laba bersih Surya Citra Media (SCMA) melorot 9,31% menjadi Rp 913,61 miliar hingga akhir September.


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) membukukan pendapatan iklan menyumbang Rp 4,11 triliun atau menyusut 16,29% dari periode yang sama tahun lalu. Tapi, pendapatan lain-lain SCMA justru naik 31,69% menjadi Rp 277,36 miliar.

Alhasil, total pendapatan kotor SCMA mencapai Rp 4,39 triliun, turun 14,26% secara tahunan. Pada sembilan bulan pertama tahun ini, SCMA memberikan potongan penjualan sebesar Rp 806,64 miliar atau 18,37% dari total pendapatan kotor periode Januari-September tahun ini.

Potongan pendapatan ini sedikit mengecil daripada periode yang sama tahun lalu sebesar 19% dari total pendapatan kotor SCMA. Alhasil, Surya Citra meraup pendapatan bersih Rp 3,58 triliun hingga kuartal III-2020, turun 13,73% secara tahunan. 

Laba bersih Surya Citra Media melorot 9,31% menjadi Rp 913,61 miliar hingga akhir September. Penurunan laba SCMA ini lebih kecil ketimbang pendapatan karena penurunan beban dan peningkatan laba operasi lainnya.

Baca Juga: Surya Citra Media (SCMA) Bersaing Melawan Netflix, Ini Rekomendasi untuk Saham SCMA

Penurunan terbesar tampak pada beban program dan siaran yang mencapai 28,84% menjadi Rp 1,56 triliun pada kuartal III tahun ini. Pendapatan operasi lain melesat 190% menjadi Rp 22,95 miliar.

Berdasarkan laporan keuangan SCMA yang dirilis Jumat (30/10), pendapatan bisnis televisi masih menjadi penopang pendapatan SCMA secara konsolidasi. Pendapatan televisi mencapai Rp 3,2 triliun atau sebesar 89,38% dari total pendapatan. Sementara porsi pendapatan digital dan iklan luar ruangan mencapai 5,67% dan pendapatan konten lainnya 5,15%.

Porsi pendapatan televisi SCMA turun tipis dari 90,58% tahun lalu. Sedangkan porsi pendapatan digital dan iklan ruangan serta konten lainnya pada sembilan bulan pertama tahun lalu masing-masing 6,03% dan 3,46%. Dilihat dari segmen tersebut, hanya pendapatan konten lainnya yang meningkat 28,84% menjadi Rp 184,81 miliar.

Baca Juga: Tak terbebani PSBB, analis rekomendasikan buy saham SCMA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×