kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penawaran tender jadi sentimen positif bagi saham Matahari Department Store (LPPF)


Kamis, 06 Mei 2021 / 08:15 WIB
Penawaran tender jadi sentimen positif bagi saham Matahari Department Store (LPPF)


Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Auric Digital Retail Pte Ltd (BidCo) akan menjadi pengendali saham PT Matahari Department Store Tbk (LPPF). Perusahaan investasi asal Singapura itu berniat memiliki maksimal 1,32 miliar saham LPPF. 

"Jumlah itu mewakili 50,12% dari total saham dan akan menjadi pengendali perusahaan sasaran," tulis manajemen dalam keterbukaan informasi, Rabu (5/5).

Asal tahu saja, BidCo memang melakukan penawaran tender sukarela sebanyaknya 1,05 miliar saham LPPF. Jumlah tersebut setara 40% dari total saham. Harga penawaran yang dipatok Rp 1.530 per saham itu bersifat final dan tidak dapat diubah. 

Adapun saat pernyataan tender sukarela ini diumumkan, BidCo sudah memiliki 500 saham LPPF. BidCo juga akan membeli 139,82 juta saham LPPF dari Greater Universal Limited dan 125,98 juta saham dari OUE Investments Pte. Ltd. Saham-saham tersebut mewakili 10,12% dari seluruh saham LPPF.

Baca Juga: Demi Efisiensi, Matahari Department Store (LPPF) Akan Menutup Gerai Lagi

Dalam keterbukaan informasi dijelaskan, BidCo menyadari tantangan dalam industri ritel dengan skala besar di Indonesia, termasuk ancaman dan kompetisinya. Akan tetapi BidCo tetap yakin dengan langkahnya karena memiliki pengalaman dan keahlian yang memadai di sekor konsumen, ritel, dan digital. Di sisi lain, BidCo dapat bekerjasama dengan manajemen LPPF untuk mengembangkan strategi baru dan meningkatkan prospek bisnis.

Mencermati aksi ini, Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Christine Natasya mengungkapkan, masuknya BidCo ke LPPF tidak berpengaruh terhadap fundamental LPPF. Kendati demikian, aksi ini berpotensi menjadi sentimen positif bagi saham LPPF. 

"Karena publik dapat berpikir bahwa dengan masuknya BidCo, LPPF mendapat pengelolaan aktif jangka panjang dan pendekatan operasional yang fokus," ujar Christine kepada Kontan.co.id, Rabu (5/5). 

Baca Juga: Masih menanggung rugi, simak rekomendasi saham Matahari Department Store (LPPF)




TERBARU

[X]
×