kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45801,69   11,79   1.49%
  • EMAS1.048.000 1,85%
  • RD.SAHAM 0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Peluang IHSG hari ini menguat terbuka, ini saham-saham perlu dicermati


Rabu, 17 Juni 2020 / 05:30 WIB
Peluang IHSG hari ini menguat terbuka, ini saham-saham perlu dicermati

Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melesat pada perdagangan Selasa (16/6). Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi  memperkirakan, IHSG hari ini akan berada di jalur positif. 

Selasa (16/6), IHSG ditutup menguat 3,53% ke 4.986,46. Kenaikan IHSG ditopang dari penguatan indeks sektor keuangan yang naik 4,96% dan aneka industri menguat 4,11%. IHSG optimis mengikuti bursa global dengan optimisasi investor terhadap kebijakan bank sentral AS. 

Baca Juga: Emiten LQ45 masih ada yang membagikan dividen, begini prospeknya

Rupiah menguat 0,18% ke Rp 14.090 per dollar AS. Namun, investor asing terlihat lesu dengan tercatat net sell Rp 602,39 miliar dengan saham top net sell saham yakni TLKM, BMRI dan ASII. Dimana investor domesik mendominasi sejak awal sesi perdagangan. 

Investor mulai mengesampingkan katalis dari penyebaran virus dan lebih fokus pada katalis potensi pertumbuhan ekonomi pasca krisis kesehatan. 

Bursa Asia menguat pasca rencana stimulus moneter dan fiskal melawan sentimen investor dalam menghadapi kekhawatiran atas gelombang kedua penyebaran virus corona. Amerika Serikat mempertimbangkan menggelontorkan US$ 1 triliun setelah the Fed merinci rencana membeli obligasi korporasi. 

Secara teknikal, Lanjar menyebut, pergerakan IHSG hari ini masih dalam tren positif. Penguatan IHSG kemarin semakin mengkonfirmasi uptrend jangka menengah dengan indikasi bergerak kembali menguji psikologis level serta FR161.8% dari gelombang pergerakan sebelumnya dikisaran 5.300. 

Baca Juga: IHSG berpotensi menguat pada Rabu (17/6), jangan agresif beli saham bank

Indikator stochastic mulai jenuh dengan potensi crossing positif memberikan sinyal penguatan lanjutan. "Sehingga kami memperkirakan, IHSG akan bergerak positif dengan support resistance di 4.891-5.117," kata Lanjar. Saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal diantaranya ADHI, ADRO, AKRA, ANTM, BBRI, BMRI, BRPT, HMSP, HOKI, HRUM, MAPI, TLKM.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×