kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,00   -18,51   -1.98%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelemahan aussie hanya sementara


Selasa, 05 Juni 2018 / 21:15 WIB
Pelemahan aussie hanya sementara
ILUSTRASI. Uang dollar australia


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produk domestik bruto (PDB) Australia yang diperkirakan lebih baik bisa mendorong pasangan AUD/USD menguat. Mengutip Bloomberg di pasar spot Selasa (5/6) pukul 18.38 WIB, pasangan mata uang AUD/USD tercatat turun 0,43% jadi di level 0,7615 .

Analis Global Kapital Investama Alwi Assegaf mengatakan, koreksi yang terjadi pada dollar Australia hari ini hanya bersifat sementara. "Sebetulnya ini hanya koreksi tipis, karena AUD/USD sempat naik cukup tajam, wajar jika terjadi aksi profit taking dan jadi terkoreksi," kata Alwi, Selasa (5/6).

Secara fundamental, Alwi menilai kekuatan dollar Australia terhadap dollar AS masih akan cenderung menguat.

Kini pelaku pasar sedang menanti data produk domestik bruto Australia yang akan rilis pukul 21.30 WIB malam ini. Alwi mengatakan, dengan melihat data penjualan ritel Australia di April 2018 yang naik 0,4% dan upah tenaga kerja Australia yang juga naik 0,8% selama kuartal I, membuat pasar memperkirakan bahwa data PDB Australia akan dirilis lebih baik dari bulan sebelumnya.

Alwi optimis pasangan AUD/USD akan kembali menguat karena dollar AS sudah overbought dan mendorong adanya aksi profit taking di dollar AS. "Belum lagi, tambahan sentimen dollar AS dari isu perang dagang yang kembali muncul," kata Alwi.

Akhir pekan lalu berkembang kabar bahwa AS mulai menaikkan impor produk dari Kanada, Uni Eropa dan China. Perang dagag makin memanas dengan pembalasan Kanada yang juga menaikkan impor produk dari AS. "Kekhawatiran perang dagang ini mengurangi laju penguatan dollar AS dan membuat dollar Australia naik," kata Alwi.

Ditambah positifnya data non farm payroll, upah tenaga kerja dan pengangguran di AS tidak mampu membawa dollar AS melonjak tinggi.

Di sisi lain meski dari Australia juga menyumbang sentimen negatif yang berperan membuat dollar Australia hari ini terkoreksi, Alwi optimis koreksi AUD/USD hanya konsolidasi jelang rilis data PDB Australia.

Secara teknikal Alwi menganalisis harga bergerak di atas MA 10 artinya tren jangka pendek bullish. Semenatra, harga juga bergerak di atas MA 55 artinya kecenderungan bullish. Indikator RSI masuk area positif di 58 dan buyer sudah mulai masuk. Senada, indikator MACD bergerak naik ke area positif . Namun dari indikator stochastic menandakan sinyal overbought.

Support:0,7475 -0,7560-0,7605
Resistance: 0,7700-0,7750-0,7806.
Rekomendsi: Buy on weakness

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×