kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,67   6,06   0.79%
  • EMAS888.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

Pasokan melimpah, harga minyak melorot


Jumat, 31 Januari 2020 / 18:19 WIB
Pasokan melimpah, harga minyak melorot
ILUSTRASI. Ilustrasi harga minyak.

Reporter: Irene Sugiharti | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak terus merosot terdampak sentimen oversupply dan kekhawatiran pasar terhadap virus corona.

Mengutip Bloomberg, Jumat (31/1) pukul 17.54 WIB harga minyak west texas intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret 2020 ada di US$ 52,38 per barel, naik 0,46% dari sehari sebelumnya yang ada di US$ 52,14 per barel.

Namun, bila menghitung selama sepekan, harga minyak telah turun 3,34% dari akhir pekan lalu yang ada di US$ 54,19 per barel. 

Analis Monex Futures Indeks Ahmad Yudiwan mengatakan, merosotnya harga minyak saat ini didorong oleh sentimen oversupply minyak.
“Dari laporan di Amerika Serikat cadangan minyak cenderung naik. Semakin banyak supply beredar di pasar tentu akan buat harga minyak terbebani,” kata Yudi.

Baca Juga: Harga minyak terangkat pernyataan WHO yang menentang pembatasan perjalanan ke China

Selain itu, Yudi menambahkan perkembangan virus corona juga dapat membuat harga minyak lumpuh karena ketakutan pasar terkait perlambatan laju perekonomian China dapat mengganggu permintaan minyak. Pasalnya China merupakan salah satu negara pengguna minyak terbesar selain AS.

Kendati demikian, Yudi bilang harga minyak ke depan akan kembali membaik terutama jika sentimen kekhawatiran virus corona mereda. 

Pergerakan harga minyak selanjutnya didorong oleh sentimen positif dari OPEC yang terus memangkas produksi minyak sehingga dapat membuat pasokan minyak di pasar terus menyusut. Di sisi lain, jika Rusia tidak mengurangi produksi minyak, maka akan menjadi tekanan bagi harga minyak.

“Harga minyak akan sangat fluktuatif atau sangat kuat kenaikannya jika semisal diikuti dengan kondisi AS-China yang lebih kondusif, roda dagang yang positif dan solid.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×