kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,22   7,82   0.87%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasca IPO, Bank Amar siap bersaing melalui berbagai produk digital


Jumat, 07 Februari 2020 / 15:21 WIB
Pasca IPO, Bank Amar siap bersaing melalui berbagai produk digital
ILUSTRASI. Bank Amar Indonesia melepas 1.206.068.500 saham melalui penawaran umum perdana.


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah sukses melantai di bursa, PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) akan gencar mengembangkan produk digital sebagai senjata utama dalam bersaing dengan bank-bank lainnya.

Sebagai catatan, pada initial public offering (IPO) 9 Januari 2020 silam, AMAR melepas sebanyak 1,2 miliar saham dengan nominal Rp 100 per saham. Saham tersebut ditawarkan kepada masyarakat dengan harga Rp 174. Melalui penawaran ini, AMAR berhasil mengantongi dana segar sekitar Rp 209 miliar.

Baca Juga: Lepas 15,1% AMAR Melalui IPO, Tolaram Kantongi Dana Rp 209,85 M

Direktur Utama  PT Bank Amar Indonesia Tbk Vishal Tulsian menyebut, Bank AMAR pada kuartal I-2020 setidaknya akan meluncurkan dua hingga tiga produk digital. Produk-produk digital ini diklaim akan kembali menjadi pelopor di pasar, dalam hal ini perbankan digital.

“Sejauh ini kami sudah melakukan soft launching. Sementara untuk peluncuran resmi produk tersebut, kami melakukannya setelah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” terang Vishal kepada Kontan.co.id, Jumat (7/2).

Produk digital bukanlah hal yang asing bagi bank yang satu ini, sebab dalam beberapa tahun terakhir, AMAR telah bertransformasi menjadi bank fintech. Melalui produk unggulannya, Tunaiku, AMAR berusaha untuk bisa menjangkau masyarakat yang kurang terlayani oleh layanan perbankan (underserved segment).

“Bisa dibilang kami ini berpikir seperti bank tetapi bertindak seperti fintech. Itu sebabnya disebutnya bank fintech, artinya kami memiliki kekuatan sebuah bank, namun memiliki kelincahan fintech di dalam hal operasional, organisasi, karena kami menitikberatkan pada inovasi dan teknologi,” jelas Vishal.

Salah satu produk yang sudah soft launching adalah Tunaiku Invest, sebuah program simpanan digital milik Bank Amar. Tunaiku Invest sendiri terbagi lagi menjadi dua produk berdasarkan jangka waktu simpanan, yakni Tunaiku Invest Max dan Tunaiku Invest Flex.

Vishal mengklaim Tunaiku Invest Max merupakan simpanan digital dengan bunga tertinggi di Indonesia, yakni 10%. Namun bunga tersebut hanya berlaku dalam waktu terbatas sebab termasuk ke dalam bagian promo. Sekali pun bunga sudah habis, Tunaiku Invest Max masih menawarkan bunga yang tinggi.

Baca Juga: Luncurkan tabungan digital, Bank Amar tawarkan bunga 10%

“Setelah promo berakhir, Tunaiku Invest Max memiliki bunga 9% untuk masa simpanan 7 bulan-12 bulan, 8% untuk masa simpanan 4 bulan-6 bulan, dan 7,5% untuk masa simpanan 1 bulan-3 bulan. Sementara Tunaiku Invest Flex memberikan bunga 5% yang bisa diterima secara harian,” papar Vishal.

Produk digital lainnya yang akan diluncurkan oleh AMAR adalah Tunaiku untuk Bisnis (Tunaiku for business). Sebuah layanan yang berfokus memberikan pinjaman kepada usaha mikro, seperti rumah makan, warung, toko dan mereka yang tidak memiliki jaminan untuk mengambil pinjaman modal kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×