kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45995,22   -1,54   -0.15%
  • EMAS977.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Pasca Bertemu Elon Musk, Saham Mayora (MYOR) Melejit


Kamis, 28 April 2022 / 05:00 WIB
Pasca Bertemu Elon Musk, Saham Mayora (MYOR) Melejit


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu produk PT Mayora Indah Tbk (MYOR) mendapat sorotan saat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada Senin (25/4) bertemu dengan pemilik Tesla Inc, Elon Musk. Luhut memberikan oleh-oleh permen Kopiko bikinan Mayora. 

Pada saat yang sama harga saham MYOR meningkat. Pergerakan saham MYOR juga menggairahkan pasalnya, saham MYOR secara year to date (YTD) masih bergerak turun 13,9%. Berita tersebut sukses mengubah pola MYOR dari semula bergerak di kisaran Rp 1.580. Kemarin saham MYOR ditutup di Rp 1.765. 

Dus saham MYOR dalam lima hari terakhir saham MYOR telah naik 11,71%. Dan membawa kenaikan sebesar 6,33% dalam sebulan. 

Baca Juga: Sejumlah Saham Lapis Kedua Ini Menarik Diburu

Penurunan harga saham MYOR dinilai wajar pasalnya emiten konsumer memang dihadapkan sentimen buruk dari kenaikan harga komoditas. Analis Panin Sekuritas Jonathan Guyadi dalam riset 22 April menjelaskan, MYOR menghadapi peningkatan harga soft commodities. Untuk itu MYOR menaikkan harga jual rata-rata sebesar 8%-10% di tahun ini. 

"Kenaikan harga sudah dimulai pada kuartal I tahun 2022," jelas Jonathan dalam riset. MYOR juga melakukan efisiensi pengeluaran advertising and promotion pada tahun ini untuk menjaga profit.

"Kami memperkirakan, market share leading produk MYOR akan menopag kemampuan MYOR membebankan biaya ke konsumen," kata Jonathan dalam riset. Dia menyebut, market share MYOR pada produk biskuit 41%, permen 22%, coklat 35%, wafer 18% dan sarapan sereal 69,3%. 

Namun harga komoditas secara umum masih tinggi. Bagi Panin Sekuritas, kondisi tersebut masih akan membebani margin laba kotor sepanjang tahun ini. Per Maret 2022 harga CPO, kopi, dan gandum masing-masing naik 57% secara yoy, 83% dan 63%. 

Untungnya kinerja MYOR sepanjang tahun lalu menurut Jonathan masih sejalan dengan hitungannya. MYOR membukukan pendapatan Rp 27,9 triliun sepanjang tahun lalu memenuhi 100,3% dari proyeksi Panin. "Peningkatan pendapatan didukung dari membaiknya permintaan pasar lokal maupun ekspor," terang dia. 

Baca Juga: Begini Strategi Mayora Indah (MYOR) Menghadapi Kenaikan Harga Gandum

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×