kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar Saham Tertekan, Simak Strategi Investasi Berikut


Selasa, 05 Juli 2022 / 06:25 WIB
Pasar Saham Tertekan, Simak Strategi Investasi Berikut


Reporter: Aris Nurjani | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih berada di zona merah. Pada Senin (4/7) IHSG merosot 2,28% ke level 6.639,17.

Head of Business Development Division Henan Putihrai Asset Management (HPAM) Reza Fahmi melihat banyak investor lebih memilih untuk take profit serta masih wait and see

"Lantaran pelaku pasar merasakan beberapa kekhawatiran seperti perlambatan pertumbuhan ekonomi global, terjadinya resesi, dan dampak perang antara Rusia dengan Ukraina," ucap Reza kepada Kontan.co.id, Senin (4/7). 

Baca Juga: IHSG Masih Rawan Koreksi, Saham-saham Ini Menarik untuk Dicermati

Direktur Panin Asset Management Rudiyanto mengatakan penyebab penurunan IHSG beragam. Tapi pada dasarnya terjadi aksi jual yang lebih besar ketimbang aksi beli sehingga harga turun. 

Rudiyanto melihat tidak ada perubahan pada outlook di Indonesia. Laba bersih dari sektor komoditas masih bagus. 

"Begitu pula perbankan, aktivitas masyarakat lebih longgar dan punya tabungan provisi NPL yang ternyata tidak macet sejak 2020. Yang agak berubah adalah persepsi investor asing," ucap Rudiyanto. 

Reza mengatakan, data inflasi tahunan bulan Juni yang melonjak 4,35% ikut memengaruhi pelemahan IHSG. Hal ini mengingat hasil data inflasi umum tersebut melebihi target inflasi umum maksimum dari BI sebesar 4%. Di sisi lain, hasil data S&P Global Manufacturing PMI Indonesia per Juni yang mengalami perlambatan pada level 50,2.

Rudiyanto mengatakan, kenaikan bunga The Fed yang lebih agresif membuat konsumsi masyarakat global menurun karena dampak inflasi tinggi. 

Sementara harga komoditas mulai turun tetapi, harga minyak BBM masih tetap sehingga kondisi ini membuat daya tarik Indonesia berkurang. Kedua, Bank Sentral Amerika Serikat sudah menaikkan bunga dari 0%-0,25% menjadi 1,5%-1,75%. Sementara BI rate masih tetap 3,5% dari awal tahun hingga Juni.

"Memang ada argumen bahwa inflasi Indonesia masih terkendali, tapi kelihatannya hal ini juga menjadi sentimen negatif asing," ucap Rudiyanto. 

Baca Juga: Simak Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham untuk Selasa (5/7)




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×