kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.026,34   9,98   0.98%
  • EMAS975.000 -0,51%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Pasar Keuangan Positif, Seluruh Jenis Reksadana Berkinerja Apik Sepekan Terakhir


Senin, 27 Juni 2022 / 09:31 WIB
Pasar Keuangan Positif, Seluruh Jenis Reksadana Berkinerja Apik Sepekan Terakhir
ILUSTRASI. Reksadana.


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam sepekan kemarin berhasil keluar dari zona merah dan ditutup menguat. Dalam sepekan, tercatat, IHSG naik hingga 1,53%.

Dengan kinerja IHSG yang positif, alhasil kinerja reksadana berbasis saham pun ikut terangkat. Berdasarkan laporan Infovesta Utama yang dikeluarkan Senin (27/6), reksadana saham menguat hingga 0,84%. Sementara reksadana campuran tercatat juga menguat 0,64% .

Sedangkan kinerja pasar surat utang cenderung bergerak flat sepanjang pekan lalu. Pasalnya, Infovesta Government Bond Index hanya menguat tipis 0,01%. 
Infovesta Corporate Bond Index begerak flat. Kendati begitu, kinerja reksadana pendapatan tetap bisa menguat 0,39% dalam seminggu terakhir.

Baca Juga: Suku Bunga Global Naik, Reksadana Fixed Income Dolar Dinilai Jadi Pilihan Menarik

Lalu, reksadana pasar uang berhasil mencatatkan kinerja positif dengan naik 0,04%.

"Penguatan ini didorong kebijakan Bank Indonesia dalam mempertahankan suku bunga yang mengindikasikan inflasi masih stabil. Selain itu, prediksi pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2022 sebesar 4,8% - 5,3% juga sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang masih stabil," tulis Infovesta Utama dalam risetnya, Senin (27/6).

Berikut masing-masing reksadana yang memiliki return tertinggi secara year to date hingga 24 Juni 2022. 

Reksadana saham dengan return tertinggi dipegang oleh HPAM Ekuitas Syariah Berkah sebesar 32,36%. Lalu reksadana campuran yang tertinggi dipegang oleh Panin Dana Bersama dengan tumbuh sebesar 23,92%

Sementara untuk reksadana pendapatan tetap, return tertinggi dipegang oleh Mandiri Obligasi Optima II sebesar 7,56%. Lalu untuk reksadana pasar uang, Reliance Pasar Uang jadi yang tertinggi dengan return sebesar 2,97%.

Baca Juga: Resesi, Reksadana Dollar AS Berbasis Obligasi Lebih Menarik

Berikutnya, reksadana indeks & ETF yang memiliki return tertinggi adalah KISI IDX Value30 ETF sebesar 18,00%. Kemudian, return reksadana pendapatan tetap USD dipegang oleh Danamas Dollar sebesar 1,46%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era Data Analysis with Excel Pivot Table

[X]
×